InternMatch: menghubungkan mahasiswa yang mencari peluang kerja praktek dengan usaha kecil, startup, dan organisasi sosial

internmatch-logoBagi perusahaan besar yang punya merek dan dana, mereka akan lebih gampang merekrut mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari peluang kerja praktek, akan tetapi bagi usaha kecil, startup, dan organisasi sosial, mereka belum menemukan cara yang efektif untuk membawa mahasiswa berbobot untuk magang sebelum lulus kuliah. InternMatch mencoba memecahkan masalah ini dengan menghubungkan mahasiswa yang mencari peluang kerja praktek di negara bagian Washington sejak didirikan bulan Juni tahun 2009. Selang setahun lebih kemudian, InternMatch memindahkan markasnya ke kota San Francisco pada bulan Oktober 2010 dan memperluas layanan ke pantai barat Amerika.

Keistimewaan InternMatch terletak disisi kemudahan untuk digunakan untuk mencari peluang kerja praktek bagi mahasiswa. Demikian pula InternMatch melakukan kerjasama dengan berbagai usaha kecil, startup, dan organisasi sosial, sehingga memudahkan perusahaan atau organisasi mencari potensi mahasiswa yang cocok dengan ketrampilan mereka. Di situs InternMatch tersedia berbagai alat dan form yang memudahkan pencari kerja untuk menulis surat lamaran kerja dan menyusun resume yang bagus. Juga disediakan kiat-kiat untuk wawancara dengan calon majikan. Sedangkan mahasiswa yang sudah magang sebelumnya juga bersedia berbagi pengalaman mereka.

Dengan personil yang terdiri atas 5 karyawan, InternMatch berhasil menarik minat investor yang bersedia menanam modal ventura sebesar $1,2 juta dollar yang diumumkan hari ini lewat techcrunch.com. Pendukung modal terdiri atas kelompok pemodal dari Angel Fund Social dan 500 Startups, juga berasal dari beberapa investor yang bertindak secara pribadi. Sejak didirikan startup ini sudah mengumpulkan dana lebih dari $2 juta dollar. Modal baru akan dipakai untuk pengembangan dari layanan khusus kerja praktek menjadi layanan untuk pencarian pegawai tetap, terutama bagi mahasiswa yang sudah lulus kuliah.

(Image: InternMatch logo)

About these ads

Trackbacks

  1. […] untuk kalangan mahasiswa dan memudahkan mereka mencari pekerjaan setelah tamat kuliah, seperti InternMatch dan Seelio. Dengan perkembangan inovasi data ukuran besar yang dikumpulkan dari berbagai sumber, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s