Keek: jaringan sosial jenis baru untuk berbagi video pendek (sekitar 36 detik) bersama teman-teman, dengan menggunakan webcam atau melalui aplikasi yang dijalankan perangkat ponsel pintar/tablet Android dan iOS

Keek-iOS-appPerusahaan jaringan sosial jenis baru yang berbasis di kota Toronto, Kanada, memilih nama Keek yang berarti singkat dan sekilas. Arti kata “singkat” diwujudkan dalam bentuk tayangan video sekitar 36 detik. Secara garis besar, fungsi Keek hampir sama dengan menulis status update di jaringan sosial Facebook atau Twitter tetapi dalam bentuk video, maka dengan mengupload cuplikan video pendek ke Keek berarti mengupdate status seseorang dengan tanpa menulis.

Keek merupakan generasi baru jaringan sosial setelah dunia teknologi melihat kesuksesan startup Instagram untuk berbagi foto yang diakuisisi oleh Facebook bulan April 2012. Keek didirikan pada bulan Juli tahun 2011, kemudian berhasil merilis aplikasi pertama pada bulan Maret 2012. Pengguna kebanyakan berasal dari Amerika, Inggris, dan Australia. Pertumbuhan anggota baru sekarang ini banyak terjadi di Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Selatan, dimana menurut Keek ada sekitar 200.000 pengguna baru yang bergabung setiap hari.

Pada bulan Oktober 2011, Keek menerima pendanaan awal sebanyak $5.5 juta dollar dari AlphaNorth Asset Management dan Plazacorp Ventures. Pada bulan September 2012, Keek menerima tambahan dana putaran kedua sejumlah $7 juta dollar. Minggu ini Keek kembali menerima tambahan modal sebanyak $18 juta dollar yang berasal dari AGF Investments Inc., Pinetree Capital Ltd, dan Plazacorp Ventures. Sejak berdiri, pendanaan sudah melampaui $30 juta dollar. Pendanan baru akan dipakai untuk meningkatkan infrastruktur untuk melayani pengguna yang berbasis internasional, dimana Keek semakin kewalahan memperbarui server-server untuk menampung video yang terus di-upload oleh pengguna dari seluruh dunia.

Perkembangan lalulintas juga terus melampaui target. Pada bulan Agustus 2012 Keek baru menerima sekitar 21 juta kunjungan per bulan dan menampilkan sekitar 250 juta page views per bulan. Menurut siaran pers minggu ini, lalulintas sudah membengkak empat kali lipat, Keek sudah menerima 75 juta kunjungan per bulan dan menampilkan sekitar 1 miliar page views per bulan. Saat ini ada 4 juta video yang di-upload setiap bulan. Kemajuan dalam bentuk pendaftaran anggota-anggota baru yang diraih oleh Keek dalam waktu yang sangat singkat ini memberi isyarat bahwa sedang terjadi gelombang perubahan masa depan jaringan sosial.

Keek-homepage

Cara kerjanya sangat mudah yaitu pengguna mengambil video menggunakan webcam atau melalui aplikasi yang dijalankan perangkat ponsel pintar/tablet Android dan iOS, kemudian di-upload ke Keek. Pengguna kemudian boleh membaginya ke seluruh pengguna yang sudah memiliki Keek akun atau berbagi melalui jaringan sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Bahkan pengguna dapat berbagi lewat email dan texting SMS. Setelah di posting di jaringan sosial Keek, pengguna dan penonton video dapat menulis komentar mereka, menambah pengikut yang ingin menonton video, mengirim pesan pribadi, bahkan ada alat untuk menerima pemberitahuan ketika video terbaru sudah tersedia. Tidak lepas dari itu Keek juga menyediakan daftar top-100 video yang diminati dan top-100 pembuat video yang digemari, juga tersedia data untuk menganalisis akses.

(Images: top right, Keek iOS app; middle, Keek homepage)

About these ads

Trackbacks

  1. […] video sharing sosial yang dikenal dengan nama Keek. Pada pertengahan bulan Januari 2013, situs inovasi.com sudah memberikan ulasan lengkap mengenai jaringan sosial yang berbasis di kota Toronto, Kanada. […]

  2. […] beberapa penyedia terkemuka yang mencoba di arena ini, termasuk Twitter Vine, Instagram, Snapchat, Keek, dan lain sebagainya. Perbedaan diantara semua aplikasi terletak pada jumlah waktu tayang. Vine […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s