Top Hat Monocle: respon sistem untuk ruang kelas berbasis web dan mobile, yang memungkinkan dosen mengadakan ulangan atau jajak pendapat dengan siswa

Top Hat Monocle adalah respon sistem dengan inovasi teknologi yang dipakai untuk meningkatkan partisipasi antara dosen dan para siswa di dalam ruang kelas. Siswa dapat mengajukan pertanyaan selama kuliah dengan menggunakan respon sistem Top Hat Monocle sehingga siswa tidak melakukan interupsi dan mengganggu dosen yang sedang mengajar. Peralatan ini juga memungkinkan dosen mengadakan ulangan dan jajak pendapat dengan para siswa.

Dengan mengandalkan sistem berbasis di cloud (awan), respon sistem ini dapat digunakan melalui web dan perangkat mobile. Keunggulan platform ini terletak untuk perangkat mobile, dimana setiap siswa dapat berpartisipasi didalam kelas dengan menggunakan berbagai jenis perangkat mulai dari handphone, tablet, ponsel pintar, sampai laptop. Keistimewaan bagi dosen, respon sistem ini membantu dosen mengerti sampai dimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran, dan mencatat aktivitas siswa di kelas yang dapat digunakan untuk membantu penilaian. Penggunaan peralatan ini juga membantu terciptanya suasana interaktif antara dosen dan siswa sehingga membuat kelas lebih menarik. Bahkan data dari Top Hat Monocle menunjukkan bahwa partisipasi dikelas berlipat ganda dan nilai ulangan meningkat 5% sejak memakai peralatan ini di ruang kelas.

Top Hat Monocle didirikan pada bulan Maret tahun 2009 dan bermarkas di kota Toronto, Kanada dengan kantor cabang di San Francisco, Chicago dan Sydney. Startup ini memiliki personil yang berkembang dari sekitar 40 karyawan menjadi sekitar 70 karyawan dalam waktu satu tahun terakhir ini. Peralatan respon sistem sudah digunakan di sekitar 285 kampus dan sekolah di seluruh dunia, termasuk universitas terkemuka seperti Harvard, UPenn, UCLA dan Virginia Tech.

Pada bulan Juli 2012, Top Hat Monocle sudah menerima pendanaan awal sejumlah $8 juta dollar yang didukung oleh Emergence Capital Partners, iNovia Capital, dan SoftTech. Menurut techcrunch.com, minggu ini Top Hat Monocle menerima tambahan dana sejumlah $1,1 juta dollar yang didukung oleh investor baru Felicis Ventures. Sejak didirikan dana yang diterima sudah mencapai diatas $9 juta dollar.

top-hat-monocle-homepage

(Image: Top Hat Monocle homepage)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s