Jostle: jaringan sosial didalam perusahaan untuk karyawan berkolaborasi satu dengan yang lainnya, saingan baru buat Yammer

Jostle-LogoKarena kemajuan teknologi Internet dan perkembangan perusahaan multinasional, banyak perusahaan dan organisasi di seluruh dunia menginginkan semua karyawan mereka bekerja dibawah pengarahan dan jalur yang sama, bahkan mengenal satu sama yang lainnya. “Jostle” mempunyai arti “keramaian” atau “berdesakan.” Jostle.me (bukan .com) adalah platform sosial yang memungkinkan karyawan berbagi informasi dalam sebuah organisasi. Platform Jostle mengandalkan teknologi yang berbasis cloud (awan). Jostle membantu karyawan yang tersebar di seluruh dunia berkolaborasi dan melakukan interaksi dengan cara yang sederhana seperti cara kerja intranet.

Secara garis besar, Jostle bersaing dengan portal website internal di perusahaan yang sudah dikembangkan oleh Yammer (startup ini diakuisi oleh Microsoft pada musim panas tahun 2012). Belum ditemukan perbedaan yang terlalu berarti antara Jostle dan Yammer, tapi keduanya merupakan platform untuk pekerja dan memungkinkan karyawan yang terlibat berkolaborasi satu dengan yang lainnya. Keistimewaan Jostle yaitu menggunakan foto-foto karyawan sebagai landasan untuk layanan platform ini. Untuk metode pencarian secara internal, Jostle lebih mudah dibandingkan penyedia lainnya. Pengguna cukup mengklik ke atas foto karyawan untuk mengetahui aktivitas mereka dan menemukan kalau karywan sudah meng-update laporan/status mereka dan menerima umpan balik dari karyawan lainnya di bawah satu halaman.

Jostle berbasis di kota Vancouver, Kanada. Menurut posting di situs Jostle, startup ini baru saja berhasil menambah pendanaan sejumlah $3,1 juta dollar dari beberapa investor yang bersifat perorangan. Sejak didirikan tahun 2009, Jostle sudah mengumpulkan sekitar $4,6 juta dollar dari beberapa investor. Investor yang bersifat pribadi terdiri atas pengembang properti perumahan dan perkantoran, pemilik toko obat-obatan, dan penanam modal di usaha minyak dan gas. Hampir semua karyawan dan dewan direksi yang jumlahnya 52 orang adalah pemegang saham perusahaan.

(Image: Jostle logo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s