Perancis mengincar pajak Internet termasuk pajak atas pengumpulan data dan pajak link ke konten situs berita, untuk meningkatkan pendapatan dari perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika seperti Google, Amazon, Facebook, Microsoft, dan perusahaan lainnya

french-flag-Akibat krisis ekonomi yang berkelanjutan di Eropa, banyak negara di benua ini semakin gencar untuk mencari sumber-sumber pendapatan baru dengan menggalang dana dari berbagai bisnis terutama dari Internet. Salah satu negara terkemuka di Eropa yaitu Perancis ingin meningkatkan pendapatan dengan mengincar pajak dari perusahaan raksasa web yang berbasis di Amerika, seperti Google, Amazon, Facebook, Microsoft, dan perusahaan lainnya. Perancis ingin menarik pajak atas pengumpulan data pribadi dari pengguna seperti yang dilakukan oleh jaringan sosial Facebook. Demikian pula pajak atas pemakaian link ke konten situs berita yang dilakukan oleh Google News.

Menurut laporan dari New York Times, Google menerima pendapatan dari Perancis sejumlah $2 miliar dollar per tahun, tetapi boleh dibilang tidak membayar pajak sepeser pun ke negara tsb. Cara pembukuan yang dilakukan oleh perusahaan raksasa web yang berbasis di Amerika membuat banyak negara di Eropa marah. Perusahaan multinasional memakai berbagai taktik dan menggunakan celah untuk penghindaran pajak seperti mentransfer pendapatan perusahaan ke anak perusahaan yang berlokasi di negara yang tidak peduli dengan pajak seperti di Irlandia, Belanda, dan kepulauan Bahama.

Karena belum ada penyelesaian dengan perdebatan tentang netralitas Internet, sampai hari ini masih banyak perusahaan raksasa masih terus melakukan bisnis di Eropa akan tetapi kebanyakan tidak membayar pajak lokal. Perdebatan masih terus berlangsung di benua ini dan masih belum ditemukan perumusan masalah pajak Internet yang dapat diterapkan di Eropa dan di negara lain.

tax-billPada hakekatnya setiap negara atau propinsi atau negara bagian memerlukan kreativitas dalam hal mencari sumber-sumber pendapatan baru dari perusahaan Internet. Salah satu contoh yang dilakukan oleh negara bagian California yang memaksa raja ecommerce Amazon untuk membayar pajak penjualan di negara bagian terbesar di Amerika sejak pertengahan bulan September 2012. Walaupun sudah dikenakan pajak penjualan, ternyata Amazon masih terus didatangi pembeli yang ingin mencari barang-barang dengan harga diskon.

Gerakan pertama rancangan undang-undang yang dilakukan oleh Perancis masih membutuhkan persetujuan dari pemerintah di seluruh dunia, dan kayaknya masih jauh dari mencapai konsensus antar negara-negara. Selain penerapan pajak Internet untuk meningkatkan pendapatan negara, faktor lain yang belum diketahui apakah dengan perlakuan pajak baru akan menciptakan iklim inovasi yang tidak sehat di dunia teknologi, yang mana berdampak negatif terhadap perusahaan startup di masa depan.

(Images: top, French flag; middle, generic Tax Bill banner)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s