Berkat bantuan Apple iOS 6, Facebook meraih posisi nomer satu sebagai aplikasi mobile yang paling banyak digunakan di Amerika menjelang akhir tahun 2012

Data terbaru dari comScore menunjukkan bahwa Facebook berhasil meraih posisi puncak sebagai aplikasi mobile yang paling banyak digunakan di Amerika menjelang akhir tahun 2012. Facebook berhasil membalap Google Maps ketika Apple meluncurkan sistem operasi iOS 6 bersamaan dengan peluncuran ponsel pintar iPhone generasi ke-lima pada minggu ketiga bulan September 2012.

Walaupun dikecam oleh pengguna dimana-mana karena Apple Maps seringkali memberikan alamat jalan yang salah, keputusan perusahaan gadget terbesar didunia mengganti Google Maps dengan Apple Maps pada sistem operasi iOS 6 membantu aplikasi Facebook melampaui dominasi Google Maps sejak bulan Oktober. Sejak itu terjadi penurunan sangat drastis pada jumlah pengguna aplikasi Google Maps.

Karena omzet penjualan ponsel pintar iPhone tidak mencapai target yang dikehendaki pada kuartal Oktober sampai Desember 2012, akhirnya menjelang hari Natal, perusahaan gadget terkaya didunia yang berbasis di Silicon Valley memberi kesempatan kepada Google Maps untuk menyediakan aplikasi terbaru di toko Apple Store. Versi 1.0 untuk perangkat iOS dengan kapasitas 6.7 MB sudah tersedia sejak 13 Desember. Dengan rilis menjelang akhir tahun 2012 ini, kompetisi antara Google Maps dan Facebook kembali memanas sejak awal tahun 2013. Data comScore yang akan datang khusus untuk kuartal Januari sampai Maret 2013 akan membuktikan siapakah pemenang di antara kedua raksasa tsb.

Google-Maps-versus-Facebook-comScore

(Chart: comScore)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s