FarmLogs: perangkat lunak manajemen untuk industri pertanian berbasis cloud (awan), yang membantu petani mengelola dan melacak setiap aspek bisnis, termasuk petak tanah apa yang perlu digarap, tanaman mana yang perlu disiram, dipupuk, atau disemprot obat hama, dan lain sebagainya

Farm-Logs-logoDua sahabat kental yang dibesarkan di sebuah komunitas pertanian dekat kota Detroit, di negara bagian Michigan, betul-betul melakukan sesuatu yang menakjubkan setelah lulus dari sebuah universitas lokal pada tahun 2011. Jesse Vollmar dan Brad Koch mendirikan perusahaan teknologi yang diberi nama FarmLogs dan berharap untuk membawa petani secara digital menuju abad ke-21. Karena hanya terlibat di dunia pertanian bukanlah berarti pekerjaan yang tak bergengsi, karena keduanya berhasil menciptakan perangkat lunak manajemen untuk memodernisasi industri pertanian berbasis cloud. Perangkat lunak yang dapat membantu petani mengelola dan melacak setiap aspek bisnis.

Ide mendirikan perusahaan startup ini ditemukan ketika ada sekelompok petani mengeluh pada saat bekerja di sebuah lahan besar dengan beberapa petani yang berbeda. Karena setiap petani memiliki buku terpisah dimana pada akhir tahun seringkali mengalamai kesulitan menghitung biaya bersama dan hutang piutang diantara mereka. Demikian pula ketika lahan yang besar dengan berpuluh-puluh petak yang berbeda, petani mengalami kesulitan untuk mengelola dan melacak petak tanah apa yang perlu digarap, tanaman mana yang perlu disiram, dipupuk, atau disemprot obat hama, dan menghitung kapan akan dipanen.

Farm-Logs-Android-appAplikasi yang berbasis cloud (awan) dari FarmLogs diluncurkan pada bulan November 2011. Dengan meluncurkan versi beta, tim kerja berhasil merangkul beberapa petani untuk melakukan uji-coba pada awal tahun 2012. Pada saat yang bersamaan tim kerja FarmLogs diundang mengikuti Y Combinator di Silicon Valley untuk memoles bisnis model dan strategi perusahaan. Setelah digodok selama tiga bulan di pantai barat Amerika, FarmLogs kembali ke markasnya di kota Ann Arbor, sebuah kota kecil yang sangat populer bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Michigan. Startup ini mulai merekrut pelanggan pada musim panas 2012. Tidak mengherankan ketika investor melihat potensi sasaran pasar ratusan ribu petani di Amerika, maka dua pemodal ventura Huron River Ventures dan Hyde Park Ventures berminat untuk menanam modal awal sejumlah $1 juta dollar yang diumumkan minggu ini. Modal kerja ini akan dipakai untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk dipergunakan pada musim tanam tahun 2013 ini. Aplikasi untuk Android sudah tersedia, sedangkan aplikasi iOS masih dalam taraf pengembangan.

Selain menyediakan perangkat lunak yang berbasis di cloud, FarmLogs juga memiliki berbagai fitur untuk memberikan informasi terbaru kepada petani. Informasi dan berita pertanian, termasuk prakiraan cuaca yang diperbarui setiap jam, daftar harga gandum dan berbagai biji-bijian, daftar harga pasar di pusat perdagangan di Chicago, berita-berita terbaru bertarap nasional dan dunia, laporan kerugian akibat musim dingin dan musim panas. FarmLogs juga menyediakan fitur untuk melacak persediaan peralatan pertanian, daftar harga jual, dan prakiraan penghasilan yang dicapai selama satu musim tanam dalam rangka menghitung pengembalian investasi.

(Images: top right, FarmLogs logo; middle, FarmLogs Android app)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s