Houzz: situs yang berfokus pada perbaikan rumah dan menghubungkan kontraktor, arsitek dan desainer interior dengan pemilik rumah

houzz-logoBanyak pemilik rumah ingin merenovasi rumah mereka tetapi mengalami kesulitan memilih kontraktor, arsitek dan desainer interior yang tepat. Seringkali setelah kontraktor datang membawa gambar denah dan rencana bahan bangunan, akan tetapi sama sekali tidak sesuai dengan apa yang diinginkan semula. Karena kesibukan dengan pekerjaan di Silicon Valley, pasangan Adi Tatarko dan suaminya Alon Cohen juga mengalami hal yang sama dan mereka tidak menemukan solusi yang tepat ketika ingin merenovasi rumah yang baru mereka beli di kota Palo Alto pada tahun 2009.

Untuk memudahkan pemilik rumah mencari kontraktor, arsitek dan desainer interior yang sesuai dengan selera mereka, maka Adi Tatarko dan Alon Cohen memutuskan untuk mendirikan sebuah situs yang menghubungkan semua orang yang terlibat dengan urusan perbaikan rumah. Perusahaan itu dinamakan Houzz.

houzz-app-devicesStartup Houzz berbasis di kota Palo Alto dan memiliki sekitar 60 karyawan yang setiap hari sibuk mencari ide baru untuk rumah, memotret interior dan eksterior rumah yang baru dibangun atau sedang direnovasi, menghubungi para desainer dan kontraktor, dan bermitra dengan toko-toko penjual bahan bangunan. Setelah tumbuh pesat selama 12 bulan terakhir, hari ini situs web Houzz sudah dikunjungi oleh sekitar 12 juta pengguna setiap bulan. Tim kerja Houzz menyiapkan database yang cukup besar dan berhasil merangkul sekitar 160.000 profesional yang berhubungan dengan urusan rumah di seluruh Amerika dan Kanada. Pengunjung situs termasuk para profesional secara rutin datang kembali dan menggunakan Houzz untuk mencari ide baru, mencari mitra, melakukan penelitian, melakukan kontak dengan arsitek dan kontraktor, melihat produk baru, dan mengelola proyek-proyek yang sedang di bangun dari awal sampai selesai dengan mengandalkan teknologi yang berbasis di cloud (awan).

Setelah mengalami pertumbuhan pesat yang mencapai 450 persen dalam segi pengunjung situs sejak awal 2012, situs populer ini dilirik oleh beberapa investor dan pemodal ventura terkemuka di Silicon Valley. Pada pendanaan putaran ketiga (Seri C) yang diumumkan hari ini, New Enterprise Associates dan GGV Capital bersedia menjadi investor baru dan memberi dana untuk pengembangan sejumlah $35 juta dollar. Investor-investor kelas kakap di Silicon Valley yang sudah menanam modal termasuk Sequoia Capital dan kelompok Kleiner Perkins Caufield & Byers. Sejak didirikan, perusahaan startup ini diperkirakan sudah mengumpulkan dana lebih dari $48 juta dollar.

Pada kesempatan pendanan putaran ketiga, Houzz meluncurkan produk premium yang dinamakan Houzz Pro+ untuk membantu para profesional melakukan pemasaran layanan mereka dengan sasaran pemilik rumah lokal di kota-kota di Amerika. Uji coba layanan ini sudah dilakukan sejak akhir tahun 2012 di beberapa kota termasuk di San Francisco, Los Angeles dan Washington, DC. Layanan pemasaran berlangganan ini merupakan salah satu pola pemasukan uang untuk menjamin neraca keuangan perusahaan yang sehat. Pada kesempatan ini juga Houzz memperbarui aplikasi untuk perangkat iOS dengan merilis aplikasi versi 5.1.1 yang membutuhkan 5,6 MB disk-space. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Inggris, China, Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Spanyol, dan Vietnam.

(Images: top right, Houzz logo; middle, Houzz mobile app and devices)

About these ads

Trackbacks

  1. […] di sektor ini cukup alot, termasuk beberapa layanan yang agak mirip seperti Houzz (sudah dibahas disini awal tahun ini), Zillow Digs, dan lain sebagainya. Porch memiliki kekuatan tim ahli yang sudah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s