PagerDuty: perangkat lunak berbasis cloud (SaaS) yang berfungsi sebagai aggregator insiden dari berbagai alat monitor, untuk mengingatkan kepada pekerja IT (system admin) supaya setiap kasus menerima respon dan mengambil tindakan, melalui telepon, SMS atau email

pagerduty-logoBagi perusahaan teknologi yang memiliki infrastruktur pusat-data milik sendiri ataupun di simpan di cloud (awan) dan mempunyai misi untuk ‘always-on’ (‘selalu nyala’), apalagi infrastruktur yang terdiri atas ratusan sampai ribuan aplikasi dan servers, maka setiap kasus kesalahan, masalah platform, pembaruan sistem operasi, ataupun sedang di hack orang lain, dibutuhkan berbagai alat monitor atau pemantauan. PagerDuty berfungsi sebagai aggregator (alat pengumpul) insiden dari berbagai alat monitor yang disediakan oleh perusahaan lainnya, seperti Nagios, Pingdom, dll. Insiden- insiden terus disalurkan secara cepat kepada pekerja IT termasuk system admin, pengembang, petugas on-call, supaya seseorang setelah menerima respon untuk segera mengambil tindakan.

pagerduty-homepage-screenshotsPagerDuty seolah-olah berfungsi sebagai unit gawat darurat di rumah sakit. PagerDuty merupakan perangkat lunak berbasis cloud (SaaS) yang memantau berbagai alat dan dapat mengirimkan peringatan kepada pekerja IT termasuk melalui telepon, SMS atau email. Bila sistem di perusahaan sedang mengalami kerusakan atau pemadaman, PagerDuty akan membangunkan pekerja IT dimanapun mereka berada. Tim ahli dapat segera menanggapi permasalahan dari jarak jauh.

Walaupun masih banyak perusahaan teknologi yang masih mengandalkan proses manual untuk menanggani insiden akibat kelalaian manusia ataupun akibat kerusakan perangkat, bisnis model PagerDuty memang sangat cocok untuk jaman sekarang. Beberapa tahun terakhir ini sudah banyak terjadi pergeseran infrastruktur menuju arsitektur berbasis cloud yang merupakan generasi infrastruktur terkini. Tim ahli dari berbagai perusahaan teknologi sudah menyiapkan sistem yang dapat melayani para pengguna dan langganan dengan memegang prinsip ‘selalu nyala’. Untuk itu para pekerja IT diharuskan untuk selalu waspada dan siap menanggapi permasalahan secepat mungkin. Seperti yang disadur oleh techcrunch.com, berbagai riset menunjukkan bahwa biaya akibat insiden pemadaman situs web bisa mencapai $300 ribu dollar per jam (3 miliar Rupiah). Bahkan secara keseluruhan akibat dari pemadaman, perusahaan-perusahaan di Amerika kehilangan bisnis yang mencapai sekitar $26 miliar dollar per tahun.

Dengan jumlah karyawan masih dibawah 20 orang, PagerDuty sudah berhasil merangkul ribuan pelanggan dari berbagai negara dan sudah memiliki neraca keuangan yang kuat dengan cara menarik iuran keanggotaan. Selama promosi dengan memberikan masa uji-coba 30 hari gratis, akun standar dikenakan biaya $18 dollar per bulan untuk setiap pengguna. Untuk perusahaan besar dengan infrastruktur yang lebih kompleks dikenakan biaya $36 dollar per bulan per pengguna. Perusahaan besar yang sudah menjadi langganan tetap termasuk Adobe (penyedia perangkat lunak untuk membaca dan design), Intuit (perangkat lunak untuk menghitung pajak dan akuntansi), Dropbox (alat penyimpan data), Rackspace (pusat data), Electronic Arts (pembuat gaming), Heroku (penyedia perangkat berbasis cloud), dan Instagram (penyedia perangkat lunak dan penyimpan foto).

PagerDuty pernah ikut kelompok Y-Combinator di Silicon Valley pada musim panas 2010 dan memiliki markas di kota San Francisco. Startup ini mengumumkan bahwa sudah menerima pendanaan sejumlah $10,7 juta dollar. Pendukung utama termasuk investor terkemuka di Silicon Valley yaitu Andreessen Horowitz. Andreessen adalah pencipta dan bekas pendiri browser Netscape dan sangat disegani di Silicon Valley. Kelihatan sekali apa saja yang dilakukan oleh kelompok usaha Andreessen Horowitz termasuk sangat berhasil di kawasan teknologi terbesar didunia ini. Portfolio mereka terdiri atas Facebook, Skype, Airbnb, Box, Pinterest, dan lain sebagainya.

(Images: top, PagerDuty logo; middle, PagerDuty homepage screenshots; click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s