Lembaga penelitian Brookings Institution menetapkan Silicon Valley sebagai pemimpin inovasi terbesar di Amerika, berdasarkan jumlah paten per wilayah metropolitan

brookings-logo-Mal mewah dan stadion olahraga paling canggih yang dibangun dengan dana miliar dollar tidaklah memberi jaminan bahwa sebuah wilayah metropolitan akan berkembang dan kemakmuran perekonomian akan bertahan lama. Sebaliknya kesejahteraan sebuah wilayah metropolitan dimana warganya akan menikmati perkembangan ekonomi dan dinyatakan sebagai pemimpin inovasi tergantung dari jumlah paten yang diberikan kepada masyarakat dan tingkat pendidikan penduduk setempat.

Sebuah studi atas 360 wilayah metropolitan di Amerika yang disusun oleh Jonathan Rothwell dan kawan-kawan, berjudul “Patenting Prosperity: Invention and Economic Performance in the United States and its Metropolitan Areas” akan membuktikan bahwa ekonomi terkuat di sebuah wilayah metropolitan tidak lepas dari jumlah paten per tahun. Studi ini memberi jawaban bahwa paten telah mempengaruhi tingkat produktivitas dan dinamika perekonomian di setiap wilayah metropolitan di Amerika.

Yang dimaksud dengan paten adalah sebuah hak eksklusif yang diberikan oleh sebuah negara kepada ilmuwan atau tim ahli perusahaan atau lembaga pendidikan (universitas) sebagai penemu baru di dunia teknologi. Hasil penemuan tsb diberikan untuk kurun waktu tertentu supaya pihak lain tidak dapat menggunakan cara dan proses dengan semena-mena, atau harus mendapatkan persetujuan dari si penemu untuk dipergunakan oleh pihak lain dengan berbagai syarat dan lisensi. Hak paten termasuk penemuan solusi terhadap masalah yang spesifik di dunia teknologi terhadap produk dan jasa. Ini termasuk perbaikan dalam hal proses dan penyempurnaan terhadap penemuan produk sebelumnya.

Keuntungan jumlah paten bagi wilayah metropolitan dikarenakan pemilik paten setempat termasuk perusahaan teknologi, universitas riset atau perorangan, akan menerima biaya lisensi yang jumlahnya sangat besar dari perusahaan dalam negeri maupun dari luar negeri. Untuk mempermudah proses pemindahan teknologi dan desain, usaha kecil, menengah dan besar (seperti perakitan dan pabrik) akan mendirikan perusahaan mereka berdekatan (cluster) dengan sumber paten. Hal ini akan memberikan kemakmuran terhadap perekonomian lokal. Sedangkan keberadaan mal mewah dan stadion olahraga canggih di suatu wilayah tidak memberi jaminan jangka panjang karena perubahan iklim daya beli dan siklus di dunia olahraga seperti air dan udara yang mudah terombang-ambing.

Studi yang dipublikasikan oleh Lembaga penelitian Brookings Institution menunjukkan bahwa kawasan teknologi terbesar di dunia Silicon Valley yang mencakup wilayah San Jose-Sunnyvale-Santa Clara menempati posisi puncak di Amerika dalam hal jumlah paten per juta penduduk. Silicon Valley adalah markas perusahaan raksasa teknologi seperti Apple, eBay, Facebook, Google, HP, dan Intel. Table 4 dari Brookings menunjukkan rata-rata ada 5.066 paten yang diberikan kepada penemu di kawasan teknologi Silicon Valley untuk setiap satu juta penduduk, untuk kurun waktu dari tahun 2007 sampai 2011. Sedangkan jumlah paten yang diberikan kepada perusahaan teknologi, universitas riset atau perorangan yang berbasis di Silicon Valley rata-rata mencapai 9.237 paten per tahun.

Setelah membandingkan jumlah paten per penduduk dan pertumbuhan tercepat dalam hal jumlah paten yang diberikan dari tahun 1990-2010, Brookings Institution juga membandingkan tingkat pengangguran di wilayah metropolitan di Amerika. Rata-rata angka pengangguran mencapai 4,9 persen sampai 6,2 persen. Hasil studi ini jelas sekali menunjukkan bahwa wilayah metropolitan dengan pertumbuhan paten yang paling lambat (seperti di New Orleans dan Baton Rouge di negara bagian Louisiana di bagian selatan benua Amerika) memiliki tingkat pengangguran yang jauh lebih tinggi daripada wilayah metropolitan yang tingkat pertumbuhan paten lebih cepat.

Studi dari Brookings Institution menunjukkan bahwa untuk menjadi pemimpin inovasi, wilayah metropolitan cenderung memiliki institusi dan lembaga pendidikan tinggi yang menunjang program penelitian terutama universitas yang lebih banyak berorientasi ke dunia teknologi. Kehadiran tim peneliti dengan tenaga ahli di dunia penelitian akan menghasilkan penemu paten di penguruan tinggi dan di perusahaan- perusahaan. Ketersediaan dana dari pemerintah maupun swasta juga akan mendorong kolaborasi antara institusi pendidikan dan peneliti yang akan menciptakan gairah untuk berinovasi.

brookings-total-granted-patents-metropolitan-area-2007-2011

(Images: top, Brookings Institution logo; bottom, “Total Granted Patents and Patenting Rate by Metropolitan Area of Inventor, 2007–2011,” Table 4 page 13, by Brookings)

Trackbacks

  1. […] persaingan yang sangat ketat di dunia teknologi di kawasan industri Silicon Valley, banyak perusahaan high-tech melakukan berbagai upaya untuk memikat para tenaga ahli dan insinyur, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s