Truphone: perusahaan perintis ponsel Internasional yang memungkinkan pelanggan untuk menelepon di berbagai negara (Amerika, Inggris dan Australia) dengan tarif lokal yang lebih murah daripada biaya roaming

truphone-logo-Pada awalnya bisnis model dari Truphone hampir mirip dengan Skype yang memungkinkan pelanggan untuk menelepon lokal dan interlokal secara gratis atau lebih murah daripada harga yang disediakan oleh operator tradisionil seperti AT&T, Verizon, T-Mobile, dan Sprint. Truphone dan Skype menempatkan panggilan telepon melalui Internet yang dikenal dengan istilah VoIP. Dengan teknologi dan perangkat lunak yang mirip dengan Skype, sejak berdiri pada tahun 2006 Truphone dapat digunakan melalui Wi-Fi atau melalui perangkat desktop yang tersambung dengan jaringan Internet sehingga pengguna Internasional tidak membayar biaya roaming.

truphone-appSatu tahun sebelum Skype diakuisisi oleh Microsoft (Mei 2011, dengan harga penawaran $8,5 miliar dollar), Truphone mengeluarkan Tru SIM semacam kartu SIM yang dapat digunakan dimana-mana, baik di dalam negeri (Inggris) maupun di luar negeri (Amerika dan Australia). Pada saat yang bersamaan Truphone mengubah bisnis model perusahaan ini dengan mengandeng beberapa operator seluler lokal dan menjadi operator jaringan seluler yang bersifat virtual yang dikenal sebagai “mobile virtual network operator” (MVNO). Sejak kartu SIM yang dinamakan Truphone Local Anywhere diluncurkan, layanan dari perusahaan startup ini mulai banyak dipakai di luar negeri yang mencakup 220 negara.

Serentak dengan berkembangnya jumlah pengguna dan pertimbangan harga akuisisi dari Microsoft terhadap Skype, maka investor miliarder terkemuka dari Rusia bernama Roman Abramovich ikut menaruh modal. Akhir minggu ini Truphone mengumumkan bahwa orang kaya pemilik yacht termahal didunia yang dinamakan Eclipse bersedia menanam modal sejumlah £70 juta pound sterling atau sekitar $110 juta dollar Amerika. Selain sebagai pemilik klub sepakbola terkemuka di liga Inggris bernama Chelsea Club, Abramovich juga mendirikan perusahaan investasi yang dikenal dengan nama Minden yang akan mengambil 23.3 persen saham di Truphone. Dengan investasi baru dari Abramovich, perusahaan startup ini memiliki nilai usaha seharga £300 juta pound sterling atau sekitar $475 juta dollar. Tambahan dana baru akan dipergunakan untuk mengembangkan bisnis secara global termasuk membuka jaringan MVNO di Belanda, Hong Kong, Polandia, Jerman dan Spanyol.

(Images: top, Truphone logo; middle, Truphone app)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s