HailoCab: aplikasi untuk pengguna iPhone dan Android mencari taksi terdekat dengan mengandalkan lokasi GPS dan membayar secara otomatis dengan kartu kredit

Hailo-logoAplikasi untuk perangkat ponsel pintar yang memudahkan penumpang taksi mencari supir taksi terdekat semakin banyak digemari di kota besar di Eropa dan Amerika. Salah satu pendatang baru di arena ini adalah HailoCab atau cukup dikenal secara singkat sebagai Hailo.

Aplikasi Hailo khusus untuk penumpang mencari taksi, sementara ini hanya dapat dijalankan dengan sistem operasi iOS dan Android. Aplikasi ini mengandalkan lokasi GPS dan memudahkan penumpang membayar secara otomatis dengan kartu kredit yang sudah disimpan di file.

Hailo pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2011 di kota London yang juga merupakan markas startup ini. Kemudian aplikasi ini merambat ke negara Irlandia di kota Dublin, dan selanjutnya ke Kanada di kota Toronto.

hailo-passenger-taxi-iOS-appHailo menjamah Amerika ketika meluncurkan aplikasi untuk kota Boston pada bulan Oktober 2012. Kemudian memasuki pasar di kota Chicago satu bulan kemudian. Sayangnya aplikasi ini sempat dihadang di kota New York City sebelum masalah hukum dengan pemerintahan lokal dapat dituntaskan pada akhir tahun 2012. Mulai awal tahun 2013 ini Hailo bersiap-siap memasuki pasar New York City.

Hailo seringkali dijadikan sebagai salah satu contoh bagus perusahaan start up yang mempunyai prospek yang cerah dari benua Eropa. Data dari hasil operasi selama 18 bulan pertama menunjukkan bahwa startup ini sudah membantu supir taksi mengantar sekitar 2,5 juta penumpang di kota kota yang dilayani. Dari segi penjualan sudah mencapai $100 juta dollar.

Startup ini sudah berhasil mengumpulkan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $17 juta pada awal tahun 2012 dari Accel Partners, Atomico (milik bekas pendiri Skype Niklas Zennström) dan Wellington Partners. Awal minggu ini beberapa investor menambah modal pada putaran kedua (Seri B) sejumlah $30,6 juta dollar. Pendukung putaran kedua berasal dari sekelompok investor yang terdiri atas Union Square Ventures, Sir Richard Branson (pendiri Virgin), Atomico, dan perusahaan telkom KDDI dari Jepang. Pendanaan baru akan dipakai untuk pengembangan layanan ke kota-kota besar didunia termasuk NYC, Tokyo, Madrid, dan Barcelona.

(Images: top, Hailo logo; middle, Hailo iPhone app)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s