Laporan langsung dari konferensi WebFest Global (hari kedua): Kim Kardashian memulai bisnis online sejak usia remaja dan sekarang kecanduan dengan Keek (layanan video sharing sosial)

Kim-Kardashian-WebFest-Global-2013Konferensi untuk investor nama domain dan situs web terkemuka didunia yang dikenal dengan WebFest Global 2013 memasuki hari kedua di hotel mewah Fairmont Miramar Hotel di kota Santa Monica. Banyak peserta konferensi WebFest Global terpikat untuk menghadiri acara tahun ini karena menerima pengumuman bahwa Kim Kardashian akan menjadi pembicara utama sebagai keynote. Pengemar Kim seringkali salah paham kalau Kim berhasil di dunia showbiz karena dengan modal kecantikan sebagai selebriti. Akan tetapi setelah menghadiri event ini, maka penulis dan pengamat di dunia teknologi akan mengetahui bahwa Kim sangat cerdas mengendalikan kewirausahaan dan sangat piawai memakai inovasi teknologi demi memajukan usahanya dan usaha bersama saudaranya didunia showbiz.

Kim memulai bisnis online dengan membuka sebuah toko sepatu di eBay yang sangat sukses pada usia sekitar 18 tahun. Dia berhasil merayu ayahnya untuk meminjamkan uang sebagai modal membeli sepuluh pasang sepatu seharga $700 yang kemudian dijual dengan harga $2.500 per pasang. Ayahnya adalah seorang pengacara tangguh pada jaman persidangan OJ Simpson dan ayahnya mengharuskan Kim meneken surat perjanjian untuk membayar kembali dalam waktu 30 hari. Kim berhasil menjual semua dagangannya dan mendapat untung besar sebagai modal untuk usaha berikutnya. Sejak usaha pertama itu, Kim mengembangkan bisnis toko online dengan menjual pakaian dari teman-temannya. Kemudian mengadakan lelang bulanan di eBay untuk pakaian sendiri dan koleksi pakaian saudaranya. Keuntungan dari hasil penjualan ini disumbangkan untuk yayasan sosial dan tempat ibadah.

Dengan modal pengetahuan membuka toko online, Kim berhasil mengandeng pemodal ventura bernama Brian Lee dan mendirikan startup khusus menjual sepatu yang dikenal dengan merek ShoeDazzle.com di kota Los Angeles. Cara kerja startup ini dengan menerima pendaftaran anggota yang membayar $39.95 per bulan. Setiap anggota akan menerima sepasang sepatu baru yang akan dikirim ke rumah pembeli dengan ukuran yang sudah disetujui. Sepatu baru ini dipilih khusus oleh Kim. Bisnis online berikutnya yang sedang dirancang oleh Kim termasuk usaha kosmetik dan fashion.

Kim sangat terinspirasi untuk melibatkan diri bercakap-cakap dengan komunitas dan fans melalui media sosial termasuk menulis blog dan mengupdate status di Facebook. Kim memiliki 12 juta pengikut di jaringan sosial Facebook. Kim menyediakan waktu untuk menanggapi komentar dan berinteraksi dengan pembacanya. Hari ini Kim menyadang gelar sebagai orang nomer 10 yang paling banyak diikuti pengguna di Twitter dengan merangkul 17 juta pengguna. Sedangkan di jaringan foto sosial Instagram, Kim adalah pengguna nomer satu di dunia. Malah Kim seringkali mengirim pesan dalam bentuk tweet kepada fans untuk bertanya dan mencari ide, misalnya memutuskan warna lipstick yaag cocok buat make-up dan fans akhirnya memutuskan untuk memilih warna pink.

Belakangan Kim sedang menikmati dan sangat kecanduan memakai layanan video sharing sosial yang dikenal dengan nama Keek. Pada pertengahan bulan Januari 2013, situs inovasi.com sudah memberikan ulasan lengkap mengenai jaringan sosial yang berbasis di kota Toronto, Kanada. Keek menyediakan layanan untuk merekam video selama 36 detik dan pengguna dapat berbagi video melalui jaringan sosial. Salah satu video Keek yang sangat dinikmati oleh Kim saat ini berupa rekaman video yang dibuat oleh saudara perempuannya ketika saudara laki-lakinya Rob bernyanyi di dapur. Pertumbuhan jaringan sosial dengan mengandalkan video sangat gencar saat ini dengan beberapa pemain utama termasuk Twitter Vine. Kim termasuk salah satu pengadopsi awal yang cerdas dan memakai inovasi teknologi demi memajukan usaha bisnis online dan karirnya.

Web-Fest-Global-2013-super-shuttle-Endeavour-inovasi-comMengingat status Kim sebagai selebriti terkemuka dimana nilai sebuah foto sangat berharga sekali untuk majalah gossip di Hollywood, maka semua peserta konferensi harus mematuhi peraturan penyelenggara untuk tidak mengeluarkan kamera dan memotret pada acara keynote. Kim sendiri memasang sebuah foto sebelum memasuki ruang konferensi di akun Instagram miliknya, dan Kim juga masih sempat mengirim sebuah tweet kepada fans nya.

Selanjutnya acara hari kedua diisi dengan berbagai panel diskusi dari para ahli termasuk pembahasan tentang keyword SEO, affiliate program, dan acara lelang nama domain. Yang paling berkesan menjelang berakhirnya hari kedua adalah acara santap malam dibawah sayap pesawat ulang-alik super-shuttle NASA Endeavour di gedung California Science Center. Para peserta diantar oleh bus ke gedung istimewa ini, yang terletak diseberang kampus kesayangan University of Southern California (USC) di downtown Los Angeles.

(Images: top, Kim Kardashian by WebFest Global; bottom, Super-shuttle Endeavour by inovasi.com)

About these ads

Trackbacks

  1. […] kemudian membangun e-commerce. Strategi ini sudah dibuktikan oleh Kim Kardashian ketika tim kerja Inovasi.com menghadiri konferensi WebFest Global 2013 yang diselenggarakan di hotel mewah Fairmont Miramar […]

  2. […] untuk mengukur pengaruh dan popularitas dari tokoh masyarakat dan selebriti, misalnya memakai Kim Kardashian untuk menjual produk fashion, atau menyewa Cristiano Ronaldo untuk mempromosikan peralatan sepak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s