Laporan dari konferensi WebFest Global (hari terakhir, penutup): sesi dimulai dengan presentasi tentang optimasi landing-page, disambung dengan panel diskusi dan tren tentang ponsel, perlombaan Pitchfest, dan ditutup dengan acara sosial di Magic Castle

Konferensi WebFest Global 2013 sudah resmi ditutup pada hari Jumat subuh tanggal 8 Februari. Pada hari terakhir ini, acara diisi dengan presentasi tentang optimasi landing-page, diteruskan dengan panel diskusi mengenai ponsel dan berakhir dengan acara sosial dan makan malam sambil mengunjungi Magic Castle di Hollywood.

Tidak seperti hari kedua ketika ruang konferensi dipadati peserta dan fans yang dengan sabar berdiri di belakang sambil mendengarkan keynote yang disampaikan oleh Kim Kardashian, sedangkan pada hari terakhir ruang konferensi agak sepi. Ada beberapa alasan, pertama karena sebagian besar peserta belum bisa bangun setelah mengikuti acara sosial sampai larut malam pada hari Rabu yang diisi dengan acara permainan poker dan minum-minum. Alasan yang kedua adalah perubahan cuaca yang terjadi secara mendadak di pantai timur Amerika (East coast). Diperkirakan badai salju dahsyat non-stop akan menghantam mulai hari Jumat pagi sampai awal minggu depan. Banyak peserta konferensi yang berasal dari New York, Chicago, Boston dan Washington DC terpaksa merubah jadwal penerbangan dan memutuskan untuk kembali ke kota masing-masing pada hari Kamis pagi sebelum badai salju tiba 24 jam kemudian.

Web-Fest-Global-2013-Engaging-Converting-Mobile-Users-inovasi-comSesi pertama hari terakhir jam 9:30 pagi diisi dengan presentasi tentang optimasi landing-page yang disampaikan oleh Tim Ash yang merupakan pakar optimasi halaman situs web terkemuka didunia. Selain sebagai penulis buku best-seller, Tim termasuk seorang pembicara yang sangat cerdas, menghibur dan penuh semangat. Didukung dengan data analisis yang sangat lengkap, Tim membeberkan kelebihan dan kekurangan dari berbagai halaman situs web. Tim kemudian memberikan masukkan untuk perbaikan supaya mencapai optimal sasaran pasar, terutama menangkap biji mata calon pembeli ketika melihat halaman yang jelas dan terarah untuk berbelanja online.

Setelah Tim selesai mempersembahkan presentasinya, sesi-sesi berikutnya dimulai jam 11:00 pagi beralih dari situs web ke dunia ponsel, termasuk sesi membahas penggunaan ponsel, pelilaku pengguna seluler, dan tren iklan melalui ponsel. Mengingat bisnis di dunia ponsel masih dalam kondisi awal dan hampir serupa dengan perdagangan lewat Internet pada tahun 1990-an, para pembicara diskusi panel belum terlalu awam. Menurut pengamatan inovasi.com, para pembicara seolah-olah masih meraba-raba apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi di dunia perdagangan melalui ponsel.

Web-Fest-Global-2013-Pitchfest-Contest-inovasi-comYang sangat menarik pada urutan terakhir acara konferensi WebFest Global adalah “Pitchfest Contest” atau perlombaan untuk memikat hati para investor dan pemberi modal ventura. Acara tahunan untuk keempat kalinya sangat populer sejak pertama kali diluncurkan pada konferensi tahun 2010. Dalam acara ini para “calon pengusaha” mengambil waktu 3 menit di atas panggung memberikan presentasi mengenai jenis usaha, maksud dan tujuan, cara kerja, dan projeksi penghasilan. Presentasi tsb ditujukan kepada pemberi modal ventura supaya mereka tertarik membantu usaha startup mereka. Dari tujuh tim yang ikut serta tahun ini, para penonton memilih satu tim terbaik dan para investor juga memutuskan satu tim terbagus. Para hakim yang memutuskan termasuk tenaga ahli dan pemodal ventura terkemuka di Silicon Valley termasuk John Morris, Scott Jarus, Allen Morgan, Will Hsu, dan Ben Kuo. Penonton memilih Jereme Godreche sebagai pemenang dengan perusahaan bernama Registry Freedom yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain dot .tk (kode alamat untuk kepulauan Tokelau di lautan Pasifik). Para hakim dan investor memilih Darren Marble dari perusahaan yang bernama Filmbreak.com. Usaha startup ini menyediakan layanan untuk pembuat film mengumpulkan modal dari khalayak umum (komunikasi massa). Pembuat film menerima modal dari rakyat dan belajar mendistribusikan film, baik film ukuran pendek (TV) maupun panjang (bioskop). Bisnis model ini boleh dibilang akan menyaingi Hollywood di masa yang akan datang.

Web-Fest-Global-2013-Magic-Castle-Hollywood-inovasi-comSetelah tiga hari mondar-mandir dari ruang konferensi ke ruang expo dan ruang makan, konferensi WebFest Global ditutup dengan acara sosial dan mengunjungi Magic Castle (istana para penyulap ) di Hollywood. Para peserta diantar dengan bus dan membutuhkan waktu hampir satu jam dari ruang konferensi. Untuk menjaga sekuritas dan privacy, para peserta tidak diperbolehkan memotret didalam istana para penyulap, sehingga hanya tampilan luar gedung yang boleh dipasang pada penerbitan ini. Ada beberapa pertunjukan sulap yang sangat menakjubkan terutama dari Jeff McBride dan Jon Armstrong. Jeff merupakan ahli sulap terkemuka yang didatangkan khusus dari Las Vegas.

(Images: top, a discussion panel on “Engaging and Converting Mobile Users”; middle, Pitchfest Contest; bottom, Magic Castle of Hollywood, photographed by inovasi.com)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s