Petugas pemadam kebakaran mengambil sumpah jabatan di kota Atlantic City dengan menggunakan aplikasi iPad sebagai pengganti Alkitab (buku cetak)

Sudah merupakan tradisi bagi pemimpin di Amerika untuk bersumpah jabatan di atas “sebuah buku” atau “kitab suci” misalnya, Alkitab. Karena cara kerja ini sudah dilakukan sejak lama, seorang pemimpin baru sebenarnya boleh saja bersumpah pada sesuatu yang lain, tetapi supaya tidak dikucilkan oleh masyarakat dan rekan kerja, atau malah tidak pernah menerima promosi jabatan, maka semua pemimpin memilih untuk mengikuti tradisi. Upacara pelantikan pemimpin dengan menyentuh “sebuah kitab” hanya bermaksud untuk menyatakan bahwa pemimpin yang sudah dipilih akan bekerja dan mengabdi kepada masyarakat dengan jujur.

Sejarah baru telah dibuat minggu lalu (tanggal Februari 8, 2013) di kota Atlantic City, sebuah kota judi terkemuka di pantai timur (East coast) di negara bagian New Jersey, di selatan negara bagian New York. Berdasarkan sebuah foto yang dipasang di Facebook akun milik Sam Sweeney, beberapa penulis blog sudah mempublikasikan berita menarik mengenai pengambilan sumpah yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran di Atlantic City.

Untuk upacara pelantikan, para petugas yang akan diambil sumpah untuk jabatan Kepala Batalyon dan Kapten di department pemadam kebakaran tidak menemukan Alkitab dalam bentuk buku cetak di Balai Kota. Supaya upacara pelantikan pemimpin tetap bisa dilakukan dengan lancar maka diputuskan untuk menyalakan aplikasi Alkitab di sebuah perangkat tablet Apple iPad. Sambil mengangkat tangan kanan mengambil sumpah, beberapa petugas menaruh tangan lainnya di atas sebuah perangkat dengan layar kaca dan mesin dari logam sehingga memungkinkan upacara pelantikan dilakukan sampai selesai tanpa menimbulkan masalah. Penggunaan aplikasi Alkitab membuktikan bahwa media digital telah mengambil alih buku cetak. Upacara pelantikan yang terjadi di Atlantic City membuktikan perubahan jaman menuju suatu era baru dalam hal pemakaian bahan layar kaca dan mesin terbuat dari logam sebagai pengganti bahan buku cetak.

iPad-Bible-Atlantic-City-Sam-Sweeney-Facebook

(Image: Atlantic City Fire Department, Sam Sweeney‘s Facebook account)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s