Nextdoor: jaringan sosial pribadi untuk menghubungkan tetangga di lingkungan perumahan

Demi menanggulangi kejahatan dan menjaga keselamatan di lingkungan perumahan, ada berbagai cara untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman, seperti memanfaatkan kemajuan inovasi teknologi. Mengutip sebuah studi yang dibuat oleh Professor Robert Putnam dari Universitas Harvard memperkirakan bahwa sepertiga orang Amerika tidak pernah tahu siapakah tetangga mereka. Walaupun dengan kondisi semacam itu, masih banyak tetangga datang bersama-sama di lingkungan perumahan untuk membantu tetangga, maupun membantu diri sendiri menghindari permasalahan yang bakal terjadi.

Nextdoor adalah layanan online yang menghubungkan tetangga di dunia nyata. Penduduk setempat mengakses situs ini untuk menyampaikan pendapat, membahas keprihatinan, maupun meminta rekomendasi dari tetangga dalam urusan mencari tukang ledeng dan dokter anak terdekat. Tetangga menyampaikan unek-unek dan mengajak tetangga bersama-sama membicarakan dan menyelesaikan permasalahan. Misalnya seperti yang terjadi di kawasan freeway 710 di kota South Pasadena, dimana penduduk setempat secara bersama-sama menentang perluasan freeway di kawasan mereka. Contoh lainnya, untuk melacak anjing yang hilang dan memberikan hadiah imbalan apabila ada tetangga yang berhasil menemukannya. Demikian pula ada tetangga yang berusaha memperingatkan tetangga lainnya dengan aktivitas yang mencurigakan, demi menanggulangi kejahatan dan menjaga keselamatan bersama di lingkungan perumahan.

Berdasarkan hasil pemantauan terhadap CEO Nirav Tolia, VentureBeat menyatakan bahwa Nextdoor hanya mendaftarkan sekitar 3.600 lingkungan pada bulan Juli 2012. Kemudian mulai bulan Februari 2013 ini jumlah pengguna melonjak diatas 8.000 lingkungan di seluruh 50 negara bagian di Amerika. VentureBeat juga mencatat bahwa ada 40 lingkungan baru yang mendaftarkan diri memakai layanan online ini setiap hari.

Keberhasilan jaringan sosial pribadi ini meraup pasar dalam waktu singkat juga menarik minat para investor terkemuka di Silicon Valley. Hari ini diumumkan bahwa Nextdoor sudah menerima tambahan dana sejumlah $21,6 juta dollar dari Greylock Partners. Investor ini dikenal sebagai pemodal ventura untuk perusahaan Internet yang sudah berhasil termasuk Facebook, LinkedIn dan Pandora. Sebelumnya, Greylock Partners dan beberapa investor lainnya juga sudah menanam modal sekitar $18,6 juta dollar pada tahun 2012. Walaupun belum dipikirkan cara untuk menghasilkan uang secara rutin, Nextdoor sudah menerima dana diatas $40 juta dollar. Startup yang berbasis di kota San Francisco ini baru memiliki sekitar 40 karyawan, sedangkan dana baru akan dipakai untuk menambah beberapa tenaga ahli komputer.

Nextdoor-homepage
(Image: Nextdoor homepage)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s