FlightCar: pola penyewaan mobil di bandara yang mirip dengan platform konsumsi kolaboratif, yang memungkinkan pemilik berbagi kendaraan pribadi dengan orang lain

Flight-Car-logoHari-hari ini di Silicon Valley semakin bermunculan ide mendirikan perusahaan dengan memanfaatkan barang-barang nganggur, kamar kosong, dan segala sesuatu yang tidak dipakai secara optimal oleh pemiliknya. Bisnis model yang mirip dengan platform konsumsi kolaboratif sekarang mulai diterapkan untuk penyewaan mobil di bandara San Francisco oleh perusahaan startup FlightCar. Bisnis model semacam ini sudah dikembangkan oleh Airbnb yang menyewakan kamar kosong atau apartemen untuk orang berpesiar dengan biaya lebih murah daripada menyewa di hotel. Demikian pula startup Side-car menyediakan layanan berbagi naik mobil (ridesharing) di Silicon Valley.

FlightCar didirikan oleh beberapa sahabat alumni dari universitas berprestise Harvard, Princeton, dan MIT. Perusahaan ini berprinsip bahwa daripada membiarkan mobil nganggur tidak dikendarai sewaktu pemilik bepergian naik pesawat ke luar kota dan masih harus membayar ongkos parkir sekitar $35 per hari di bandara San Francisco, alangkah baiknya kendaraan beroda empat juga dikaryakan dan dipinjamkan kepada orang lain. Termasuk dengan imbalan hadiah uang sewa ($10 per hari), uang bensin (bagi kendaraan besar dan luxury menerima ekstra $10) dan gratis mencuci mobil. Sedangkan bagi peminjam, mereka membayar ongkos sewa jauh lebih murah daripada meminjam melalui agen penyewaan mobil resmi (seperti Hertz, Budget, Avis).

Untuk membuktikan layanan istimewa selama peluncuran di kota San Francisco sejak minggu lalu (Februari 5), FlightCar ingin pemilik dan penyewa tidak membuang waktu menunggu bis kota bandara, maka mereka akan dijemput dan diantar kedepan pintu keluar gerbang pesawat oleh karyawan startup ini. Untuk melindungi pemilik kendaraan, maka setiap mobil di asuransi sebesar $1 juta dollar yang mencakup asuransi barang, tabrakan, dan pencurian. Setiap pemilik kendaraan yang berencana naik pesawat dan meninggalkan kendaraan mereka di airport parkir selama bepergian dihimbau untuk mendaftarkan diri di situs web dan memenuhi persyaratan, termasuk antara lain, mobil masih layak dikendarai, dibuat sejak tahun 1999 dan memiliki jarak tempuh tidak melampaui 150.000 mile.

(Image: FlightCar logo; click here to watch a video demo)

About these ads

Trackbacks

  1. […] Contoh perusahaan yang memakai bisnis model ini sudah sering dibahas di Inovasi.com, seperti FlightCar, RovAir, Side-car, Lyft (berbagi tempat duduk di mobil pribadi), Airbnb (penyewaan kamar tidur […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s