On Deck Capital: memberikan pinjaman kepada usaha kecil yang selama ini tidak terlayani oleh bank tradisional, mengandalkan inovasi teknologi untuk mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan (misalnya, mendulang data pembayaran)

Banyak pemilik usaha kecil yang selama ini kecewa dengan sejarah kredit pribadi mereka dan tidak dapat meminjam uang langsung dari bank, akan segera tertolong dengan sistem peminjaman yang dilakukan oleh On Deck Capital. Pemodal yang berbasis di kota New York City ini mengevaluasi kesehatan keuangan usaha kecil dengan mengandalkan inovasi teknologi, misalnya mendulang data pembayaran untuk memprediksi pertumbuhan jangka panjang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007, On Deck Capital sudah memberikan jaminan pinjaman modal kepada ribuan usaha kecil di Amerika yang sudah melampaui $400 juta dollar. Bisnis yang dilakukan oleh On Deck Capital mengalami pertumbuhan berlipat ganda pada tahun 2012 lalu.

Keunggulan On Deck Capital terletak dalam segi platform teknologi yang memungkinkan evaluasi lebih cepat dengan mendulang data pembayaran dari peminjam. Proses pendaftaran untuk meminjam uang bagi pemilik usaha kecil jauh lebih ramping daripada tata-cara yang dilakukan oleh bank tradisional yang selalu memakai sejarah kredit pribadi dari pemilik. Sedangkan On Deck Capital lebih memperhatikan tim kerja dan kinerja bisnis secara keseluruhan. Karena proses lebih cepat, maka modal yang dibutuhkan berkisar antara $5.000 sampai $150.000 dollar dapat disetujui dalam hitungan menit dan tidak lebih lama dari satu hari lamanya.

Minggu lalu On Deck Capital menerima suntikan dana tambahan untuk putaran keempat (Seri D) sejumlah $42 juta dollar yang didukung oleh investor baru, Institutional Venture Partners (IVP). Investor baru ini bergabung dengan kelompok pemodal sebelumnya termasuk RRE Ventures, SAP Ventures, dan First Round Capital. Untuk memperluas layanan kepada usaha kecil, On Deck Capital baru-baru ini sudah membuka cabang di kota Atlanta, Chicago, dan Los Angeles. Modal tambahan akan dipakai untuk perluasan kantor pusat di New York City, mengembangkan teknologi untuk produk baru dan memperbanyak pinjaman modal kepada usaha kecil pada tahun 2013 ini.

On-Deck-Capital-homepage-screenshot

(Image: bottom, On Deck Capital homepage screenshot; click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s