Assured Labor: memanfaatkan ponsel dan Internet untuk mempertemukan majikan dan pencari kerja di negara berkembang

AssuredLabor-logoPerkembangan teknologi informasi dan Internet sudah merasuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Akses ke situs web sudah dapat dilakukan di seluruh dunia, tetapi masih belum merata dan masih relatif sulit di negara berkembang. Sebaliknya mayoritas pengguna Internet di negara berkembang memiliki ponsel.

Karena keterbatasan akses ke web, maka satu tim ahli di MIT, sebuah universitas terkemuka di pantai timur Amerika, memutuskan untuk mencari solusi dengan mendirikan perusahaan startup yang mengandalkan teknologi ponsel untuk menghubungkan majikan dengan calon karyawan. Perusahaan startup yang merevolusi pasar tenaga kerja ini dinamakan Assured Labor.

Bertolak belakang dengan penyedia jasa seperti LinkedIn yang lebih mengarah ke kalangan atas, Assured Labor menyediakan layanan pasar tenaga kerja dan membantu perusahaan lokal untuk merekrut karyawan dari upah rendah sampai upah menengah. Dengan memakai merek dagang yang lebih cocok dengan keadaan pasar setempat, startup Assured Labor sudah beroperasi di dua negara berkembang yaitu di Meksiko dan Brasil. Saat ini Assured Labor mengalami pertumbuhan pesat di Amerika Latin. Startup ini juga memiliki kantor di kota New York City.

AssuredLabor-homepage-screenshotDengan mengandalkan ponsel, SMS teks, dan jaringan sosial, Assured Labor membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan kemudian merekrut karyawan terbaik di daerah setempat. Dalam siaran persnya, Assured Labor menyebutkan bahwa sudah ada 500.000 pencari kerja yang mendaftarkan diri. Demikian pula ada 16.000 pengusaha yang sudah mendaftarkan diri untuk mencari pekerja baru. Saking populernya, Assured Labor menyatakan bahwa mereka menerima tambahan 1.000 majikan setiap bulan.

Cara kerjanya sangat mudah, dimana pekerja mendaftarkan diri melalui komputer biasa yang dapat diakses dari rumah, perpustakaan, atau melalui warnet. Setelah informasi calon pekerja dimasukkan ke sistem, mereka secara rutin akan dikirimi pesan SMS teks kalau ada perusahaan yang membuka peluang lamaran pekerjaan yang cocok dengan posisi mereka. Pekerja dapat segera melamar pekerjaan yang tersedia bagi mereka dengan membalas pesan dalam bentuk SMS teks, atau menelepon langsung ke kantor yang bersangkutan.

Minggu ini Assured Labor mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima pendanaan modal sejumlah $5,5 juta dollar yang dipimpin oleh Capital Indigo. Pemodal sebelumnya juga ikut berpartisipasi, termasuk Great Oaks Venture Capital, Nexus Venture Partners, Kima Ventures, Enzyme Venture Capital, Fabrice Grinda dan Jose Marin. Sejak didirikan pada bulan Mei 2008, startup ini diperkirakan sudah menerima dana lebih dari $6,5 juta dollar.

(Images: top right, Assured Labor logo; middle left, Assured Labor homepage screenshot)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s