Local Market Launch: mengelola pemasaran, identitas lokal, dan reputasi, sambil memperkenalkan merek secara nasional

local-market-launch-logoPada umumnya pemilik usaha kecil tidak mempunyai waktu dan keahlian untuk mengelola bisnis mereka supaya masuk dalam daftar bisnis setempat. Optimasi pencarian lokal juga harus dilakukan supaya memudahkan pelanggan mencarinya secara lokal. Juga, pemilik bisnis harus memastikan bahwa merek dan nama bisnis mereka sudah berada di dalam daftar yang juga memuat pesaing mereka, ataupun sebaliknya mendaftarkannya ke daftar bisnis lokal yang belum dimasuki oleh pesaing mereka. Tugas-tugas tsb diatas tidak mudah.

Kehadiran Local Market Launch akan mencoba meringankan pekerjaan pemilik usaha kecil sambil memperkenalkan usaha tersebut secara nasional. Ada beberapa tugas yang dilakukan Local Market Launch untuk membantu usaha kecil mengelola pemasaran, identitas lokal, dan reputasi. Tugas pertama membantu pemilik bisnis untuk mendaftarkan nama dan merek secara lokal, seperti memasukkan informasi ke semua portal pencarian termasuk Google, Bing, dan Yahoo. Selain itu juga memasukkan info ke direktori industri dan aplikasi ponsel. Untuk melakukan tugas ini, Local Market Launch menambahkan informasi dalam bentuk foto, tulisan singkat, deskripsi, dan kata kunci.

Tugas kedua yaitu membantu optimasi pencarian di mesin pencari, supaya mudah dicari oleh calon pelanggan yang mengetikan kata kunci. Juga melakukan evaluasi terhadap situs web untuk meningkatkan peringkat pencarian secara lokal.

Tugas ketiga berurusan dengan reputasi perusahaan, dimana Local Market Launch berpartisipasi dan memantau percakapan online dan membaca ulasan-ulasan yang dikemukakan oleh pengguna. Untuk itu, Local Market Launch mengunjungi media sosial dan situs review secara rutin.

Local Market Launch didirikan pada November 15, 2011 di kota Santa Barbara yang terletak di utara kota Los Angeles atau sekitar dua jam dengan kendaraan. Minggu ini startup ini menerima tambahan modal putaran pertama (Seri A) sejumlah $1,5 juta dollar. Pendukung modal berasal dari Rincon Venture Partners. Awal tahun 2012 juga sudah menerima dana sekitar $1 juta dollar dari pemodal yang sama. Sejak didirikan, startup ini diperkirakan sudah menerima modal sekitar $2,7 juta dollar.

(Images: top right, Local Market Launch logo; bottom, click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s