MindMixer: mengajak segenap warga masyarakat berdialog atas isu-isu sosial, supaya semua terlibat mengambil tindakan

MindMixer-logoPertemuan dengar pendapat di masyarakat terhadap isu-isu sosial seringkali hanya dihadiri oleh segelintir warga. Hanya demi kenyamanan pribadi, maka kontribusi masyarakat terhadap isu penting sangat minimal, seperti dalam hal pendidikan dan kesehatan. Akibatnya, keputusan yang diambil oleh pemerintah atau organisasi belum tentu sesuai dengan kemauan segenap warga masyarakat. Dengan kemajuan inovasi teknologi, maka diperlukan suatu alat atau tempat yang tersedia secara online untuk melibatkan segenap warga masyarakat berdialog dan berkomunikasi lebih efektif.

Tujuan berdirinya MindMixer adalah untuk meningkatkan keterlibatan segenap warga, terutama bertukar pendapat terhadap isu-isu sosial yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. MindMixer meluncurkan produk yang mempromosikan dialog antar komunitas secara online. Cara kerja yang sederhana yaitu berupa tempat atau forum yang menghubungkan warga masyarakat dengan pemerintah atau organisasi supaya mereka bisa berbagi ide dan gagasan. Forum semacam ini dapat diakses secara online oleh khalayak yang diinginkan, sehingga memberi kesempatkan bagi semuanya mengambil tindakan terhadap ide-ide.

MindMixer-homepage-screenshotPerusahaan MindMixer didirikan pada tahun 2010 di kota Omaha, di negara bagian Nebraska, di bagian tengah Amerika. Startup ini sudah berhasil merangkul ratusan klien dan melibatkan lebih dari satu juta orang, yang berasal dari kelompok masyarakat, organisasi kesehatan, dunia pendidikan, dan perusahaan swasta. Menurut sebuah blog post yang ditulis oleh Nick Bowden, pendiri MindMixer, dalam waktu dua tahun terakhir ini, klien dan masyarakat sudah mencetuskan lebih dari 30.000 macam ide dan bahkan lebih dari 4.000 ide sudah diberlakukan. Daftar klien termasuk kotamadya San Francisco, perencanaan penataan masterplan di negara bagian Kansas, sekolah negeri di ibukota Washington DC, dan lain sebagainya.

Minggu ini MindMixer mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima pendanaan tambahan sejumlah $4 juta dollar yang dipimpin oleh kelompok usaha Nelnet, dan juga didukung oleh kelompok pemodal awal termasuk investasi dari Dundee Venture Capital dan Optimas Group. Dana segar akan dipakai untuk menambah tenaga ahli pengembang, dengan harapan menambah fitur-fitur baru yang dapat menginspirasi warga untuk ikut berkecimpung dengan urusan dengar pendapat di masyarakat.

(Images: top right, MindMixer logo; middle right, MindMixer homepage screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s