Pangsa pasar ponsel pintar Maret 2013 di Amerika: Google Android 52 persen, Apple iOS 39 persen, BlackBerry 5 persen

Menjelang akhir minggu ini, penyedia riset data terkemuka comScore merilis laporan bulanan berdasarkan hasil survei yang dikumpulkan dari pengguna ponsel dan ponsel pintar (smartphone) untuk bulan Maret 2013 di Amerika. Sampai akhir bulan Maret, comScore mencatat ada 136,7 juta orang sudah memiliki ponsel pintar, yang mana jumlah ini mewakili 58 persen dari total pengguna telepon seluler di Amerika. Saat ini hanya tinggal dua sistem operasi (platform) untuk menjalankan ponsel pintar yang masih berjaya di Amerika, yaitu Google Android dan Apple iOS. Kedua OS ini meraup 91 persen pangsa pasar untuk bulan Maret.

Smartphone-platforms-March-2013-comScorePerusahaan Apple sedang memasuki masa transisi dengan pemecatan eksekutif tingkat tinggi menjelang akhir tahun 2012 dan para penanam modal di Wall Street masih terus menelan pil pahit dengan perkembangan yang sedang dihadapi oleh perusahaan raksasa ini. Walaupun suram, tapi masih ada beberapa berita yang sangat menggembirakan ketika mengawali bulan Mei 2013. Selain penjualan aplikasi lewat Apple iTunes akan menembus 50 miliar lisensi akhir minggu ini, perusahaan perangkat mobile terbesar didunia yang berbasis di Silicon Valley masih menduduki posisi nomer dua dalam hal pangsa pasar ponsel pintar di Amerika. Dibandingkan dengan bulan Desember 2012 dengan 36,3 persen pangsa, sistem operasi iOS mengalami kenaikan sebanyak 2,7 poin dan merebut 39 persen pangsa pada bulan Maret 2013. Proporsi ini merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai oleh perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs.

Belakangan ini Samsung sangat agresif mempromosikan ponsel pintar terbaru Galaxy S 4 dengan harapan untuk meningkatkan pangsa pasar Android di Amerika. Meskipun masih memegang posisi puncak, pangsa pasar sistem operasi Android mengalami penurunan sebanyak 1,4 poin dan bertenger di 52 persen pada bulan Maret, dibandingkan dengan 53,4 persen pada bulan Desember. Kayaknya pangsa pasar Android mulai dimakan sedikit demi sedikit oleh iOS dalam waktu beberapa bulan terakhir ini, terutama sejak ponsel canggih iPhone 5 diluncurkan pada akhir bulan September 2012.

BlackBerry semakin hilang dari permukaan bumi Amerika, merosot terus, dan hanya mampu mengambil 5,2 persen pangsa pada bulan Maret, dibandingkan 6,4 persen pangsa pada bulan Desember (atau terjadi penuruan sebanyak 1,2 poin). Ada kemungkinan BlackBerry bisa mengambil kembali sebagian pangsa pasar dari saingannya pada bulan April 2013, ini disebabkan dengan peluncuran perangkat ponsel pintar jenis baru, termasuk Z10 dan Q10. Kedua ponsel pintar ini memakai sistem operasi terbaru yang dikenal dengan BlackBerry 10.

Pangsa pasar bagi Microsoft Windows Phone tidak mengalami perubahan drastis dan tetap stabil dengan 3 persen pangsa pada bulan Maret, dibandingkan dengan 2,9 persen pangsa pada bulan Desember. Kalau dibandingkan dengan bulan Februari, maka Windows Phone mengalami penurunan sedikit, dimana sistem operasi ini mencapai 3,2 persen pangsa.

(Image: top right, comScore’s Top Smartphone Platforms for March 2013)

Trackbacks

  1. […] kepemilikan ponsel pintar (smartphone) sudah melampaui 50 persen dari total telepon genggam yang ada di Amerika, maka pengembang aplikasi seluler mencoba […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s