DocuTAP: mengurangi kebutuhan dokumen kertas bagi staf, perawat dan dokter, untuk mengelola perawatan pasien di UGD

DocuTap-logoSituasi di klinik perawatan mendesak seperti Unit Gawat Darurat (UGD) biasanya menjadi ruang yang kacau balau ketika staf, perawat dan dokter sedang bekerja keras menyelamatkan pasien. Suatu keadaan yang membedakan antara hidup dan mati, apalagi petugas dihadapi dengan setumpuk kertas catatan mengenai pasien yang ditulis oleh beberapa orang. Untuk merapikan operasi supaya lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada dokumen kertas, DocuTAP menawarkan perangkat lunak yang dapat mengintegrasikan semua catatan kesehatan dalam bentuk elektronik atau digital.

Keunggulan DocuTAP platform terletak pada sisi inovasi teknologi sehingga semua informasi, peralatan, dan perangkat yang diperlukan untuk mengoperasikan klinik perawatan mendesak (UGD) semuanya berada dibawah satu atap. Dengan perangkat lunak berbasis cloud (awan), maka akan lebih mudah untuk digunakan oleh staf, perawat dan dokter, karena semua dokumen dapat diakses lewat web dan juga dapat dilihat dan diperbarui lewat perangkat seluler seperti komputer tablet. Keistimewaan lainnya yaitu platform ini dilengkapi dengan template yang sesuai dengan jenis perawatan sehingga memperlancar analisis secara otomatis, yang mana akan menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang sangat berharga bagi pasien, perawat dan dokter. Sedangkan keuntungan bagi klinik atau rumah sakit yaitu DocuTAP menyediakan layanan penagihan.

DocuTAP didirikan di kota Sioux Falls, negara bagian South Dakota, di bagian tengah negara Amerika, pada tahun 2000. Minggu ini DocuTAP mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima tambahan modal untuk pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $11,9 juta dollar dari investor Bessemer Venture Partners. Investor terkemuka ini berkantor di Silicon Valley dan juga dikenal sebagai pemodal awal untuk perusahaan Internet yang sangat sukses, termasuk Skype, Yelp, LinkedIn dan Pinterest. Pada bulan Maret 2012, DocuTAP sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $12 juta dollar dari Bluff Point Associates.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk usia lansia di Amerika, bersamaan dengan meningkatnya jumlah pensiunan dari generasi “baby boomer” yang lahir antara tahun 1946-1964, maka layanan klinik perawatan mendesak seperti UGD merupakan sektor pasar yang paling cepat berkembang akhir-akhir ini. Para investor terkemuka berlomba-lomba melakukan investasi di perusahaan kesehatan. Sedangkan pasar khusus layanan yang dapat mengintegrasikan semua catatan kesehatan dalam bentuk elektronik atau digital diperkirakan akan menembus $10 miliar dollar per tahun.

(Images: top right, DocuTAP logo; bottom, click here to watch a video demo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s