Advertisements

Neverware: server yang menghubungkan komputer lama supaya meningkatkan kinerja mesin dengan sasaran dunia pendidikan

neverware-logoAnggaran pendidikan semakin dipotong hari-hari ini, maka banyak diantara siswa dan guru belum bisa menikmati komputer yang canggih. Di ruang lab atau laboratorium komputer, siswa seringkali menghabiskan waktu menunggu komputer supaya beroperasi dan menjalankan tugasnya daripada menerima pelajaran komputer.

Neverware menyediakan sebuah server dengan tugas utama mengontrol dan meningkatkan kinerja komputer dan semua perangkat yang ada di sekolah. Komputer lama yang dijalankan dengan sistem operasi Windows XP bisa disulap menjadi mesin yang berjalan seperti baru dan kuat dengan Windows 7. Di samping itu, Neverware juga memudahkan administrator untuk menambahkan printer maupun memperbarui perangkat lunak (misalnya, menginstal anti-virus). Tugas semacam itu semuanya dapat dilakukan dari satu tempat, maka perubahan akan dapat di akses pada setiap komputer yang ada dalam satu jaringan.

Neverware-how-it-worksMesin server sudah disediakan oleh Neverware dan pelanggan (misalnya, sekolah) tidak perlu lagi membeli server. Boleh dibilang investasi awal sangat minimum, apalagi bagi sekolah-sekolah yang dibatasi oleh anggaran yang ketat. Perusahaan startup ini memakai bisnis model berlangganan dengan harapan setiap sekolah mampu membayar biaya bulanan yang rendah. Selama masih berlangganan, maka semua biaya instalasi perangkat komputer/server, perangkat lunak, dan pemeliharaan server, ditanggung sepenuhnya oleh Neverware. Tim ahli komputer dari Neverware akan bekerja sama dengan bagian administrasi komputer sekolah untuk memasang peralatan supaya semua perangkat komputer yang sudah ada, baik baru atau lama, berjalan lancar.

Neverware didirikan pada bulan Maret 2011 dan berbasis di kota New York City. Permintaan layanan ini sedang melejit dan bisnis sangat booming sejak diperkenalkan ke beberapa sekolah di negara bagian New York pada bulan Januari 2013 lalu. Melihat pertumbuhan usaha ini, investor juga ingin menanam modal di startup ini. Menurut laporan dari techcrunch.com, Neverware baru saja menerima tambahan dana sejumlah $1 juta dollar dari beberapa investor terkemuka, termasuk Thrive Capital, Khosla Ventures, General Catalyst, Collaborative Fund, dan dari investor pribadi Nihal Mehta. Termasuk modal awal, startup ini diperkirakan sudah menerima dana sekitar $1,6 juta dollar. Dengan hanya 10 karyawan hari ini, maka dana baru akan dipakai untuk menambah karyawan dan memperkuat tim ahli komputer dan jaringan.

(Images: top right, Neverware logo; middle left, Neverware “How It Works”)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s