Advertisements

Space Internet: Elon Musk memperkenalkan jaringan komunikasi global untuk Internet, dengan menggunakan satelite

Elon-Musk-SpaceXElon Musk, pendiri dan CEO Tesla (mobil listrik mewah), SpaceX (roket dan pesawat luar angkasa), SolarCity (penyedia panel tenaga surya), dan Hyperloop (kereta penumpang super kilat), memperkenalkan inovasi jaringan komunikasi global untuk sarana lalu-lintas Internet. Pada saat memperkenalkan proyek baru ini pada hari Jumat malam, tanggal 16 Januari di kota Seattle, Elon Musk belum resmi memberi nama investasi ini. Sayangnya wartawan tidak diperbolehkan meliput acara ini, tapi beruntung ada beberapa berita bisnis online, termasuk businessweek.com, menyebut proyek ini sebagai Space Internet.

Jaringan komunikasi global untuk Internet akan menggunakan ratusan satelite dengan orbit rendah. Kalau satelit tradisionil, misalnya Palapa, mengangkasa di ketinggian sekitar 22.000 mile (35.000 km), maka satelit Space Internet hanya orbit di ketinggian sekitar 750 mile (1.200 km). Dengan ketinggian yang lebih rendah, maka akan memudahkan lalu-lintas Internet memantul dari satelit ke satelit dan mengurangi hambatan, supaya dapat mencapai ke antena di bumi lebih cepat.

Dengan strategi penggunaan satelit, sarana utama lalu lintas Internet tidak tergantung lagi dengan penggunaan router dan jaringan antar negara lewat kabel laut di kemudian hari. Penggunaan satelit akan mempermudah untuk melayani penduduk yang tinggal di daerah terpencil, terutama di kawasan Afrika, Asia Pasifik (termasuk kepulauan di Indonesia), dan Amerika Selatan.

Pada kesempatan acara perkenalan Space Internet di kota Seattle, Elon Musk melakukan perekrutan tenaga insinyur di dunia teknologi, seperti tenaga ahli ruang angkasa, perangkat lunak, satelit, penerbangan, dan lainnya. Kehadiran Space Internet akan menambah minat para insinyur untuk pindah ke kota Seattle, demikian pula akan meningkatkan persaingan dengan raksasa perusahaan-perusahaan teknologi setempat memperebutkan tenaga insinyur, termasuk Amazon, Microsoft, Boeing, dan lainnya.

(Image: top right, Elon Musk during an interview with PandoDaily by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] pemasang panel tenaga surya SolarCity, pelopor sarana jaringan komunikasi global lewat satellite Space Internet, dan pencetus inovasi kereta penumpang cepat Hyperloop. Sejak penjualan mobil listrik semakin ramai […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s