Advertisements

Hyperloop: sistem transportasi masa depan di dalam tabung berbentuk lingkaran, berkecepatan diatas 700 mile per jam

HyperloopSetelah ditunggu-tunggu lebih dari satu tahun sejak pertama kali diungkapkan pada acara tatap muka di kota Santa Monica dimana juga dihadiri oleh tim riset Inovasi.com, pendiri pabrik mobil listrik Tesla bernama Elon Musk, memaparkan sistem transportasi masa depan hari ini. Sistem transportasi di dalam tabung berbentuk lingkaran dinamakan Hyperloop.

Ditulis didalam sebuah blog post dengan tambahan uraian lengkap dalam bentuk .pdf format, pendiri Space-X (semacam roket mirip pesawat ulang-alik tanpa awak) menyatakan bahwa Hyperloop merupakan alat transportasi jenis baru yang mana suatu hari akan menggantikan jenis transportasi yang tersedia hari ini seperti kendaraan roda empat, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut. Sistem transportasi masa depan ini lebih mandiri daripada sistem transportasi model lama karena memanfaatkan tenaga surya, tahan gempa, bebas gangguan cuaca, dan dengan biaya operasi dan perawatan lebih rendah.

Hyperloop-capsule-solar-arraysMantan pendiri alat pembayaran PayPal menunjukkan beberapa konsep dan gambar kendaraan yang benar-benar terlihat sangat keren sekali. Kendaraan pengantar manusia berbentuk seperti tabung yang terbuat dari aluminium. Tabung tsb dapat berjalan dalam jalur hampa udara terbuat dari baja, bergerak di jalur diatas tanah maupun dibawah tanah, dengan kecepatan tinggi diatas 700 mile per jam (1.100 km/jam) dengan membutuhkan 134 tenaga kuda. Tabung ini bergerak dari satu titik ke titik tujuan berikutnya, penumpang baru akan keluar setelah mencapai tujuan. Hyperloop dapat membawa penumpang, mobil, barang, dan dapat bergerak dari kota ke kota lainnya, dari pantai barat ke pantai timur Amerika. Misalnya, jarak dua kota sejauh 350 miles, dari kota San Francisco ke kota Los Angeles, dapat ditempuh dalam waktu hanya 30 menit. Dibandingkan dengan pesawat terbang, SF-LA biasanya ditempuh sekitar satu jam, atau dengan kendaraan roda empat bisa mencapai 5 jam lebih.

Walaupun sudah berhasil membangun roket Space-X dan mobil listrik Tesla, Elon Musk menyatakan bahwa dia dan perusahaannya masih belum ada rencana membangun Hyperloop dalam waktu dekat. Dengan meluncurkan konsep dan cara kerja Hyperloop, Elon Musk ingin menantang masyarakat supaya memilih sistem transportasi terbaru ini. Elon Musk sangat kecewa dengan tindakan pemerintah lokal di negara bagian California yang sudah merencanakan untuk membangun kereta api super cepat dari kota SF ke LA yang diperkirakan akan menghabiskan dana bermiliar-miliar dollar, walaupun menerima subsidi dari pemerintah federal.

Hyperloop-passenger-capsule

(Images: top right, Hyperloop design sketch; middle, Hyperloop capsule in tube with solar arrays via .pdf file; bottom, Hyperloop passenger capsule via .pdf file)

Advertisements

Comments

  1. i made rai soma antara says:

    I love this future transportation, and I agree to built this,good luck to all of you involved with this project.

Trackbacks

  1. […] merek Tesla yang sangat laris di negara bagian California dan juga sebagai perencana kereta cepat Hyperloop yang akan menghubungkan dua kota besar, Los Angeles dengan kota San […]

  2. […] mewah), SpaceX (roket dan pesawat luar angkasa), SolarCity (penyedia panel tenaga surya), dan Hyperloop (kereta penumpang super kilat), memperkenalkan inovasi jaringan komunikasi global untuk sarana […]

  3. […] komunikasi global lewat satellite Space Internet, dan pencetus inovasi kereta penumpang cepat Hyperloop. Sejak penjualan mobil listrik semakin ramai di Amerika, Elon Musk merupakan tokoh terkemuka di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s