Advertisements

Hipmunk: tampilan teknologi pencarian visual untuk membandingkan tiket pesawat dan hotel termurah dari situs wisata

Hipmunk-logoSudah ada banyak situs perencanaan wisata, tetapi Hipmunk ingin membedakan dirinya dari semua persaingan di Internet. Pesaing utama seperti Expedia sudah lama terkenal menawarkan perencanaan perjalanan, namun Hipmunk mengandalkan teknologi pencarian untuk men-filter jadwal penerbangan dan daftar hotel, kemudian menampilkan hasil pencarian dengan cara visual yang unik. Hal ini memungkinkan pengguna Hipmunk lebih mudah menyesuaikan pencarian dan merencanakan perjalanan.

Keunggulan Hipmunk dengan memanfaatkan tren teknologi seluler, untuk menawarkan layanan bagi pengguna yang akses melalui perangkat mobile. Hipmunk berhasil menciptakan aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan multi-platform terkemuka. Disamping itu, Hipmunk juga sudah menjalin kemitraan dengan beberapa situs wisata terkemuka, sehingga pengguna bisa memilih dari berbagai penawaran dengan harga yang termurah.

Hipmunk-AnywhereHipmunk pertama kali meluncurkan aplikasi untuk pengguna handset yang dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone) pada bulan Februari 2011. Setelah satu tahun kemudian, tepatnya pada bulan Januari 2012, Hipmunk memperbarui aplikasi dengan meluncurkan app untuk perangkat yang dijalankan dengan system operasi Android.

Hipmunk mengerti kalau mayoritas pengguna berasal dari perangkat seluler dan suka memesan kamar hotel pada menit-menit terakhir, sambil menunggu diskon besar. Untuk itu, Hipmunk memperkenalkan Tonight Deals pada bulan Agustus 2013. Pemesan hanya membayar separuh dari harga kamar.

Pada bulan Maret 2014, Hipmunk kembali mengembangkan inovasi aplikasi cross-platform dengan meluncurkan Hipmunk Anywhere. Teknologi lintas platform memungkinkan pengguna yang sudah memiliki akun untuk melakukan pencarian penerbangan dan kamar hotel dari sebuah perangkat (misalnya, iPhone), kemudian bisa melanjutkan pencarian di perangkat lain (misalnya, tablet iPad).

Hipmunk didirikan pada bulan Juni 2010 dan berbasis di kota San Francisco, California. Pendiri perusahaan startup adalah Adam Goldstein, seorang insinyur lulusan MIT yang merupakan universitas terkemuka di Amerika. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $20 juta dollar yang dipimpin oleh Oak Investment Partners. Investor ini terkenal sangan ulung karena sudah pernah menanam modal di Kayak, GMarket, Huffington Post, Bleacher Report, Thrillist Media Group, Wonga, dan B5M. Sedangkan penyedia modal pada putaran sebelumnya juga ikut berpartisipasi pada putaran pendanaan Seri C ini, termasuk Institutional Venture Partners dan Ignition Partners. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $40 juta dollar.

Hipmunk-homepage

(Images: top right, Hipmunk logo; middle left, Hipmunk Anywhere via Facebook; bottom, Hipmunk homepage, showing destination cities)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s