Advertisements

uberHOP: layanan carpooling dengan biaya $5, lokasi penjemputan tetap, cocok untuk penumpang yang memakai rute sama

Perusahaan penyedia layanan penjemputan meluncurkan uberHOP di kota Seattle. uberHOP merupakan inovasi layanan carpooling, dimana di dalam satu kendaraan dapat diisi oleh beberapa orang yang memiliki rute sama. Kendaraan yang dipakai untuk penjemputan rata-rata berisi enam penumpang, seperti jenis van atau SUV.

Selama uji-coba di kota Seattle, uberHOP hanya melayani tiga rute utama ke pusat kota. Jam operasi juga terbatas, pada pagi hari antara pukul 07:00-10:00 dan sore hari antara pukul 04:00-07:00 malam.

Uber-HOP-iOS-app

Tujuan uberHOP untuk mengurangi jumlah kendaraan yang lalu-lalang ke pusat kota. Selain itu, Uber ingin membantu pelanggan menghemat biaya transportasi di kota besar. Setiap penumpang cukup membayar biaya $5 untuk satu kali perjalanan. Keuntungan bagi supir, mereka akan mengangkut penumpang lebih banyak, sekaligus menerima bayaran lebih besar.

Pelanggan dapat memesan uberHOP melalui aplikasi ponsel pintar. Biasanya supir Uber harus menjemput penumpang di lokasi yang disetujui oleh penumpang, tetapi sebaliknya supir uberHOP menentukan lokasi penjemputan bagi beberapa penumpang yang memiliki rute yang sama, misalnya di depan warung kopi. Sedangkan tempat menurunkan penumpang biasanya di tempat umum, sehingga penumpang harus berjalan kaki sebelum tiba di tempat tujuan.

(Images: middle center, uberHOP iOS app)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] layanan penjemputan yang mengandalkan bisnis model ekonomi berbagi, seperti Uber dan Lyft, semakin berkembang pesat di kota-kota besar. Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ini […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s