Advertisements

Pangsa pasar komputer tablet di seluruh dunia, periode Juli s/d September 2012: Apple iPad masih menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar, tetapi mulai dikejar oleh produsen tablet yang dijalankan dengan Google Android (Samsung Tab, Amazon Kindle Fire, Asus Transformer, Google Nexus 7, Lenovo IdeaTab)

Perusahaan terkaya didunia Apple semakin terdesak di arena komputer tablet. Pangsa pasar tablet dari perusahaan yang berbasis di Silicon Valley ini turun menjadi 50.4 persen pada kuartal ketiga 2012 (Q3-12) atau periode Juli s/d September 2012. Kalau dibandingkan dengan kuartal yang sama satu tahun lalu, Apple menguasai pasar tablet dan mengambil 59.7 pangsa pasar di seluruh dunia, ini berdasarkan data yang dipublikasikan oleh International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Tablet Tracker. Jadi pangsa pasar iPad sudah turun sekitar 10 persen dalam kurun waktu hanya dua belas bulan terakhir ini.

Sampai hari ini, Apple iPad masih berada di posisi puncak dan berhasil mengirim 14,0 juta unit pada Q3-12. Ini berarti masih ada peningkatan pengiriman dibandingkan dengan kuartal yang sama satu tahun lalu dimana Apple hanya mengirim 11,1 juta unit iPad, atau pertumbuhan sekitar 3 juta unit.

Untuk menanggulangi desakan dari saingan-saingannya di arena tablet, Apple memperkenalkan iPad Mini akhir Oktober lalu dan mulai dipasarkan mulai awal November ini. Walaupun iPad Mini sempat dikecam oleh mendiang Steve Jobs dengan alasan bahwa pemakai tablet cenderung lebih suka layar besar supaya bisa memakai aplikasi lebih maksimal, akhirnya dibawah kepemimpinan manajer baru Tim Cook memutuskan untuk mengeluarkan produk ukuran layar kecil hanya sekitar 8 inci. Setelah satu minggu di pasar, diperkirakan iPad Mini sudah terjual sekitar 2 juta unit. Malah banyak tech analis memperkirakan bahwa kelak iPad Mini akan mengambil pangsa pasar lebih besar daripada iPad Besar.

Siapakah saingan Apple iPad di arena tablet? Jawabannya hanya satu yaitu tablet yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android. Tablet yang menggunakan sistem operasi Android terdiri atas beberapa merek seperti Samsung Tab, Samsung Note, Amazon Kindle Fire, Asus Transformer, Google Nexus 7 inci/10 inci, dan Lenovo IdeaTab.

Dari semua produsen tablet yang dijalankan oleh Android, Samsung yang paling beruntung dan mengambil 18,4 persen pangsa pasar pada Q3-12, dibandingkan satu tahun sebelumnya masih 6,5 persen. Perusahaaan yang berbasis di Korea Selatan mengirim 5,1 juta unit tablet pada Q3-12, dibandingkan hanya 1,2 juta unit satu tahun lalu, atau terjadi pertumbuhan hampir 4 juta unit dalam kurun waktu hanya 12 bulan. Hasil penjualan Samsung tablet jauh lebih baik daripada Apple iPad.

Disamping Samsung, produsen tablet dan pendatang baru Amazon Kindle Fire, Asus Transformer, Google Nexus 7/10, dan Lenovo IdeaTab, juga melihat pertumbuhan di pasar tablet pada Q3-12. Kombinasi penjualan Samsung, Amazon, Asus dan Lenovo sudah mengambil 37,4 persen pangsa pasar pada Q3-12, dibandingkan satu tahun sebelumnya hanya sekitar 11,4 persen pangsa pasar. Kombinasi pengiriman dari produsen tablet tsb sudah mencapai 10,4 juta unit, dibandingkan dengan kuartal yang sama satu tahun lalu masih sekitar 2,1 juta unit.

(Images: top, Apple iPad compare; bottom, Worldwide Tablet Shipments Q3-12 by IDC)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s