Penjualan online lewat komputer desktop selama dua bulan menyongsong Hari Natal dan Tahun Baru mencapai $53,3 miliar

Seiring dengan pemulihan ekonomi Amerika, pemilik toko online memetik keuntungan sangat besar selama dua bulan terakhir tahun 2014. Berdasarkan data terbaru dari perusahaan riset comScore, penjualan online lewat komputer desktop pada musim liburan tahun lalu memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah pencatatan penjualan e-commerce yang dimulai sejak akhir tahun 1990-an.

Penjualan e-commerce lewat komputer desktop selama 61 hari untuk musim liburan Hari Natal dan Tahun Baru rata-rata mencapai sekitar $875 juta dollar per hari. Atau dengan kata lain, penjualan online lewat komputer desktop dari hari pertama bulan November sampai hari terakhir bulan Desember 2014, mencapai $53,3 miliar dollar. Dibandingkan bulan November dan Desember 2013, ini terjadi kenaikan penjualan sebesar 15 persen.

ham-kalkun-thanksgiving-2014-inovasi-comOrang Amerika merayakan Thanksgiving pada hari Kamis minggu ke-empat bulan November dengan acara pesta bersama keluarga dan kerabat sambil menyantap ayam kalkun dan irisan ham, dimana pada tahun 2014 jatuh pada tanggal 27 November. Hari Thanksgiving merupakan barometer bagi pedagang untuk mengetahui penjualan hari-hari selanjutnya sampai akhir tahun. Penjualan online lewat komputer desktop pada hari Thanksgiving 2014 menembus $1 miliar, atau terjadi kenaikan sebesar 32 persen dari tahun 2013.

Cyber Monday (atau hari Senin, tanggal 1 Desember, setelah perayaan Thanksgiving) merupakan hari belanja terbesar tahun 2014 lalu. Penjualan lewat desktop melampaui $2 miliar dollar. Ini terjadi kenaikan penjualan sebesar 17 persen dari tahun sebelumnya.

Black Friday (atau hari Jumat, tanggal 28 November, satu hari setelah perayaan Thanksgiving) merupakan hari penting buat berbelanja online. Ini karena sehari setelah semua anggota keluarga berkumpul bersama di meja makan dan berunding tentang barang-barang yang akan dibeli selama musim liburan. Penjualan pada hari Black Friday melampau $1,5 juta dollar. Dibandingkan tahun 2013, maka terjadi kenaikan penjualan sebesar 26 persen.

Laporan terbaru dari comScore memberikan gambaran bahwa ekonomi Amerika bertumbuh dengan baik selama tahun 2014. Demikian pula, laporan ini menunjang bisnis tren yang sedang terjadi di dunia perdagangan, dimana perkembangan inovasi penjualan online semakin menggeser perdagangan model lama yang masih mengandalkan toko secara fisik. Data terbaru ini memastikan bahwa sedang terjadi perubahan perilaku orang berbelanja online, yang mana akan mempengaruhi pertumbuhan dan masa depan toko-toko di mall dan pusat pertokoan.

2014-Holiday-season-spending-comScore

(Images: middle left, Thanksgiving meals; bottom, 2014 Holiday Season Spending by comScore)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] awal tahun 2000-an, industri e-commerce terus mengalami pertumbuhan pesat dari tahun-ke-tahun. Toko online mengumpulkan data penjualan, daftar pelanggan, lalu-lintas situs […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s