eRecyclingCorps (ERC): solusi daur ulang perangkat ponsel bekas, bermitra dengan seluler operator dan toko pengecer

erecycling-logoDengan semakin pesatnya penjualan perangkat seluler (termasuk ponsel pintar dan tablet) di seluruh dunia, sudah ada beberapa perusahaan yang mengincar bisnis membeli perangkat bekas dan menyediakan solusi daur ulang. Misalnya, ecoATM memasang mesin sebesar ATM di beberapa mall di kota besar di Amerika dan secara otomatis dapat membeli ponsel bekas dengan harga berkisar antara $15 sampai $100 per unit. Untuk memasarkan komputer tablet terbaru, raksasa perangkat lunak Microsoft bersedia membayar $200 untuk setiap perangkat iPad bekas, promosi sudah di mulai sejak awal bulan September dan berakhir Desember 2013.

eRecycling Grup (ERC) lebih berfokus dengan menyediakan solusi daur ulang perangkat ponsel bekas bagi seluler operator dan toko pengecer. Perusahaan startup ini menyediakan layanan membeli perangkat bekas dengan memberikan uang belanja secara instan yang dapat digunakan di toko elektronik, atau untuk tukar-tambah ponsel baru. Layanan ERC sudah tersebar di sembilan negara. Saat ini sudah menjalin kemitraan dengan seluler operator terkemuka seperti Sprint, Verizon, dan TELUS. Layanan ERC sudah dikembangkan di 16.000 lokasi di seluruh dunia.

erecycling-homepage

Sejak layanan ERC diluncurkan pada tahun 2009, perusahaan ini sudah membeli kembali sekitar 17 juta perangkat bekas. Dalam waktu satu tahun terakhir ini (2012), ERC berhasil membeli tujuh juta unit perangkat bekas di seluruh dunia.

Walaupun banyak negara dan kota besar di dunia sudah menerbitkan undang-undang terhadap perangkat elektronik bekas, permasalahan yang dihadapi oleh negara-negara maju seperti di Amerika dan Eropa Barat, hampir 90 persen ponsel bekas masih di simpan di laci atau di gudang rumah, ataupun sudah di buang ke tempat pembuangan sampah secara diam-diam. Pengamat memperkirakan hanya sekitar 10 persen perangkat ponsel yang di daur ulang selama ini.

ERC berbasis di kota Irving, negara bagian Texas. Perusahaan ini didirikan oleh dua mantan eksekutif dari RadioShack dan Sprint PCS. David Edmondson adalah mantan CEO RadioShack, sedangkan Ron LeMay adalah mantan CEO Sprint PCS. Hari ini ERC mengumumkan penerimaan modal putaran ketiga (Seri C) sejumlah $105 juta dollar yang dipimpin oleh investor terkemuka di Silicon Valley, Kleiner Perkins Caufield & Byers (KPCB) dan didukung oleh kelompok investor Silver Lake Kraftwerk.

(Images: top right, eRecyclingCorps logo; middle, eRecyclingCorps homepage; click here to watch a video demo)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s