Advertisements

Verizon 5G: raksasa operator seluler berencana melakukan uji-coba generasi kelima teknologi nirkabel awal tahun 2016

verizon-new-logoHanya dalam waktu enam tahun sejak diperkenalkan pada bulan Agustus 2009, lebih dari 98 persen penduduk di Amerika sudah mencicipi inovasi akses data super cepat ke jaringan 4G atau generasi ke-empat teknologi nirkabel. Kalau negara lain masih terbatas dengan menyediakan jaringan 3G atau baru memulai jaringan 4G, maka tidak lama lagi jaringan 4G akan dipensiunkan di negara adidaya ini.

Sebagai operator seluler terbesar di Amerika, Verizon merupakan pelopor inovasi jaringan 4G. Verizon pertama kali mendaftarkan pelanggan yang menggunakan jaringan 4G pada bulan Desember 2010. Supaya tetap mempertahankan pelanggan lama dan bersaing ketat memperebutkan pelanggan baru dengan operator lain, seperti AT&T, T-Mobile dan Sprint, maka Verizon terus memicu inovasi dan mempercepat akses jaringan nirkabel.

Walaupun semua operator seluler baru akan memperkenalkan jaringan 5G pada tahun 2020, Verizon tidak mau tinggal diam. Verizon menjalin kemitraan dengan penyelenggara teknologi terkemuka, pembuat chip, dan pabrik handset terbesar di dunia seperti Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, dan Qualcomm, untuk membangun sebuah tim khusus yang menentukan spesifikasi 5G. Tim kerja ini menjanjikan untuk segera melakukan uji-coba generasi kelima teknologi nirkabel awal tahun 2016.

Jaringan 5G diperkirakan memiliki kecepatan sekitar 50 kali lebih cepat daripada 4G. Jaringan canggih ini akan memudahkan penyaluran data dari berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar, tablet, jam tangan, peralatan rumah tangga, dan peralatan lain yang selalu tersambung ke Internet. Sebagai perbandingan antara 4G dan 5G, untuk men-download sebuah film bioskop dengan masa putar 2 jam akan membutuhkan waktu sekitar 6 menit melalui 4G, sedangkan dengan teknologi 5G hanya membutuhkan waktu 15 detik.

Keinginan untuk memiliki kecepatan akses lebih tinggi melalui jaringan seluler, bukan hanya impian penduduk di Amerika. Bahkan beberapa negara di Asia termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok, sudah mulai mencanangkan jaringan 5G. Korea Selatan diperkirakan akan memiliki jaringan 5G pada tahun 2018, sedangkan Jepang baru akan menggunakan jaringan 5G sekitar tahun 2020.

(Image: top right, Verizon new logo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] lalu. Operator seluler nomor tiga terbesar di Amerika memperkenalkan Jump, kemudian ditiru oleh Verizon dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s