SchoolMint: membantu sekolah dan orangtua mengelola pendaftaran SD-SMA, termasuk pilihan negeri, swasta dan prestasi

Sekolah menghabiskan tenaga, biaya dan waktu berharga sepanjang tahun ajaran untuk mengelola proses penerimaan murid, menghitung kuota pendaftaran dan melakukan kontak dengan orangtua. Sedangkan orangtua dan siswa berusaha mencari berbagai pilihan sekolah, baik negeri, swasta dan sekolah prestasi, di seluruh wilayah kabupaten dan sekeliling kota.

SchoolMint ingin mengubah proses penerimaan murid SD, SMP dan SMA, dari cara tradisional dengan mengotomatiskan semua aspek pendaftaran menjadi sebuah system yang sangat high-tech. Startup ini mengandalkan inovasi teknologi online sistem yang mudah digunakan, lebih efisien dan lebih gampang dikelola. SchoolMint menyediakan sekolah dan orangtua akses secara online dan lewat seluler, untuk mendukung proses pendaftaran dan perkembangan murid.

SchoolMint memberikan kemudahan bagi sekolah menyediakan formulir pendaftaran, membuka peluang pilihan sekolah, mengelola daftar tunggu, melaksanakan pengundian kursi, melakukan komunikasi dan mengirim pemberitahuan mengenai penerimaan maupun penolakan. SchoolMint tidak terbatas hanya mengurus pendaftaran, tetapi juga dapat dimodifikasikan supaya sesuai dengan system lama yang sudah dipakai sekolah.

Supaya memudahkan orangtua mengelola pendaftaran sampai menemukan sekolah yang cocok, maka orangtua cukup memakai satu akun untuk pendaftaran ke beberapa sekolah. Orangtua memasukkan informasi lengkap ke platform SchoolMint dan kemudian mudah diakses melalui web. Setelah informasi disimpan di system, orangtua bisa mengurus pendaftaran beberapa anak sekaligus. SchoolMint juga membangun aplikasi yang dijalankan dengan perangkat Android dan iOS, sehingga orangtua dapat mengurus sekolah anak-anak melalui ponsel pintar dan tablet.

Saat ini SchoolMint sudah dipakai di 21 kota (termasuk kota Philadelphia) dan 10 negara bagian di Amerika. System ini dipakai untuk mendaftarkan ratusan ribu siswa SD sampai SMA.

SchoolMint didirikan pada tahun 2013 di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $2,2 juta dollar yang dipimpin oleh Runa Capital, New School Ventures Fund dan Crosslink Capital. Pendukung modal lainnya termasuk Kapor Capital, Imagine K12, Romulus Capital, Fresco Capital dan EdMentor VC.

School-Mint-homepage-

(Image: bottom, SchoolMint homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s