Advertisements

Kidaptive: inovasi teknologi pendidikan dengan menyajikan cerita cerdas dan games, sambil mempelajari perilaku anak

Kidaptive-logo-Dengan kemajuan teknologi komputer saat ini, hampir semua orangtua membiarkan anak-anak mereka bermain games dan membaca cerita melalui perangkat ponsel pintar dan tablet. Ini menyebabkan anak-anak, terutama yang masih prasekolah, terbiasa menghabiskan waktu di depan layar sentuh setiap hari, tetapi orangtua belum tentu tahu apa yang mereka pelajari dari aplikasi-aplikasi yang tersebar luas di masyarakat. Bahkan kebanyakan orangtua belum tentu tahu kalau anak-anak mereka sebenarnya ada bakat terpendam. Demikian pula, banyak orangtua tidak tahu hal-hal apa yang selama ini menangkap imajinasi anak-anak mereka ketika berada di depan sebuah perangkat tablet.

Kidaptive adalah perusahaan startup yang mengandalkan inovasi teknologi dengan menawarkan aplikasi pendidikan dan konten yang sekaligus melibatkan anak-anak dan orang tua. Aplikasi ini dikenal dengan nama Leo’s Pad. Anak-anak menerima pelajaran melalui cerita cerdas yang menghibur dan bermain game yang bersifat mendidik. Kidaptive menciptakan kurikulum pendidikan dan kerangka penilaian berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan oleh para ilmuwan dari Stanford.

Salah satu fitur yang diunggulkan adalah data analytics yang dikenal sebagai Parent’s Pad. Fitur ini berupa alat penilaian yang membantu orangtua memantau aktivitas anak-anak dan juga berfungsi untuk mempelajari perilaku anak-anak prasekolah dalam hal belajar. Orangtua melacak cara belajar anak-anak dalam berbagai dimensi yang dibagi atas beberapa kelompok kurikulum. Alat ini membantu orangtua melihat perkembangan akademik, pengenalan terhadap huruf, suku kata, warna, sosial dan emosi, setelah anak bermain games dan membaca cerita. Parent’s Pad memberi tips, panduan, dan pengetahuan bagi orangtua untuk memahami kecerdasan anak dan membantu meningkatkan prestasi anak.

Aplikasi Leo’s Pad tersedia secara gratis untuk perangkat tablet iPad. Versi 1.4.4 untuk system operasi Apple iOS diperbarui pada tanggal 10 Oktober 2013 dan membutuhkan disk-space sebesar 650 MB. Setelah men-download aplikasi, orangtua masih harus membeli cerita dalam bentuk episode atau dengan kata lain appisode. Setiap appisode dikenakan biaya $3. Kidaptive sudah meluncurkan empat seri cerita animasi, dimana seri pertama dengan judul “Gally’s Birthday” dan kedua dengan judul “Rocket to the Stars.” Seri kelima akan diluncurkan dalam waktu dekat. Cerita dalam bentuk animasi berupa petualangan yang diperankan oleh para pemain berusia muda. Dalam appisodes 1 dan 2, anak-anak belajar ketrampilan membangun teleskop dan membuat roket.

Kidaptive didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota San Francisco. Hari ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $10,1 juta dollar yang dipimpin oleh Formation 8. Pendukung modal pada putaran ini termasuk Stanford-StartX Fund, NewSchools Venture Fund, dan Prana Studios. Investor terkemuka di Silicon Valley, Menlo Ventures, yang sebelumnya sudah memberi modal juga ikut berpartisipasi. Sejak didirikan sudah menerima modal sejumlah $11,5 juta dollar. Modal terbaru akan dipakai untuk mengembangkan cerita animasi menjadi 25 appisode.

Kidaptive-iOS-iPad-screenshots

(Images: top right, Kidaptive logo; bottom, two screenshots of Leo’s Pad app for Apple iPad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s