Advertisements

BlueApron: mengirimkan bahan memasak yang sudah diukur, disimpan dalam kotak pendingin, dan dilengkapi resep memasak

Ada sebagian orang di Amerika ingin memasak makanan yang sehat di rumah, tetapi tidak ingin menyimpan sisa daging dan sayuran di kulkas untuk jangka panjang. Kadangkala bagi yang sibuk bekerja, mereka hanya ingin memasak satu atau dua kali seminggu. Kebanyakan para koki amatir hanya ingin memasak untuk porsi yang kecil. Untuk itu, mereka dapat berlangganan melalui perusahaan startup BlueApron, dimana bahan-bahan untuk memasak sudah diukur sehingga tidak perlu repot-repot berbelanja ke supermarket. Bahkan startup ini juga menyarankan berbagai resep berdasarkan preferensi setiap orang.

BlueApron menyediakan layanan mengirimkan bahan-bahan mentah untuk memasak yang sudah dipotong dan ditimbang sesuai ukuran pesanan dari pelanggan. Setiap order bahan makanan untuk penyajian minimal 2 orang. Harga per porsi makanan $10, jadi total untuk 2 porsi adalah $20, untuk satu kali order. Pesanan dalam ukuran 2 porsi, 4 porsi, dan 6 porsi makanan. Setiap minggu BlueApron menyediakan 6 resep, dengan target para pelanggan yang suka memakan sayur-sayuran atau yang gemar memakan daging.

Kelebihanan BlueApron terletak pada bahan-bahan pilihan yang diseleksi dari pasar petani lokal. Semua bahan dalam kondisi segar. Bahan-bahan di timbang sesuai kebutuhan setiap resep, kemudian di pak, terus di kirim dalam sebuah kotak pendingin yang tahan selama perjalanan, sampai di terima oleh pelanggan di depan rumah.

Orang Amerika termasuk cukup malas berbelanja ke supermarket. Ini dibuktikan oleh BlueApron karena setelah beroperasi selama 18 bulan, startup ini berhasil mengirimkan 600.000 porsi makanan per bulan kepada pelanggan. Kalau setiap porsi dengan harga jual $10, maka omzet startup ini sudah mencapai $6 juta dollar per bulan.

BlueApron didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota New York City. Menurut Wall Street Journal, minggu ini BlueApron menerima pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $50 juta dollar yang dipimpin oleh Stripes Group. Sedangkan pendukung modal pada putaran sebelumnya juga ikut berpartisipasi termasuk Bessemer Venture Partners dan First Round Capital. Pendanaan putaran pertama (Seri A) dilakukan pada bulan Februari 2013 dengan jumlah $3 juta dollar, selanjutnya pada putaran kedua (Seri B) yang dilakukan pada bulan Agustus 2013 startup ini menerima modal kerja sejumlah $5 juta dollar. Sejak didirikan sudah menerima modal kerja sejumlah $58 juta dollar.

Blue-Apron-homepage-screenshot

(Image: bottom, BlueApron homepage screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] perusahaan lain. Misalnya, tugas berbelanja di supermarket dibundel dengan Good Eggs, Instacart dan BlueApron, sedangkan tugas mencuci baju digabungkan dengan binatu Washio, dan tugas membersihkan rumah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s