Advertisements

Smart Sparrow: platform pendidikan online yang memungkinkan profesor menyiapkan kursus dan bahan kuliah interaktif

Smart-Sparrow-logo-textSektor pendidikan online banyak menerima investasi dari perusahaan ventura akhir-akhir ini, tetapi masih menghadapi berbagai kendala besar. Salah satu masalah utama adalah pendidikan online bersifat perorangan dan sangat sulit untuk menjalin kerja sama antar siswa yang mengambil kursus yang sama. Kelemahan platform pendidikan online yang ada di pasar terletak pada jalur pengiriman pembelajaran dari profesor yang bersifat satu arah, belum banyak yang menyediakan mekanisme untuk siswa memberikan umpan balik.

Smart Sparrow memungkinkan profesor untuk menyediakan bahan pelajaran yang bersifat interaktif sambil membina hubungan antara pengajar dan siswa. Hal ini memungkinkan profesor mempelajari kemajuan siswa setelah materi pelajaran diberikan. Dengan analytics dashboard berisi data yang didulang dari kegiatan siswa, profesor menganalisis kemajuan siswa. Apabila siswa mengalami kesulitan dan memberikan umpan balik, profesor secara instan dapat memperbaiki konten supaya pelajaran lebih dimengerti oleh siswa. Keunggulan Smart Sparrow terletak pada proses belajar, dimana platform ini memungkinkan profesor memegang kendali dan menciptakan pelajaran adaptif kepada individu siswa.

Smart-Sparrow-analyticsPerusahaan startup ini berfungsi sebagai penyedia alat pengembang bagi pengajar (guru dan profesor) untuk menyiapkan pelajaran secara mudah. Setiap pelajaran menyajikan konten yang dicocokan dengan perkembangan dan kebutuhan siswa. Profesor dapat menggunakan berbagai fitur untuk membuat kursus dengan multi subjek atau mata pelajaran. Platform ini juga bisa dipakai oleh berbagai fakultas di dalam lingkungan sebuah perguruan tinggi. Saking mudahnya, tidak heran sudah di pakai oleh para profesor dan pengajar dari sekitar 400 perguruan tinggi dan sekolah kejuruan yang tersebar di seluruh dunia. Daftar klien termasuk Arizona State University, University of New South Wales Australia, University of Melbourne, dan lain sebagainya.

Smart Sparrow didirikan oleh Professor Dr. Dror Ben-Naim pada tahun 2011 di kota Sidney, Australia, dengan menggunakan penelitian yang dikembangkan di University of New South Wales. Bulan Maret 2014 ini membuka kantor cabang di kota San Francisco dan Boston. Bersamaan dengan kantor baru di Amerika Serikat, startup ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $10 juta dollar yang dipimpin oleh Yellow Brick Capital. Pendukung modal dari putaran sebelumnya termasuk OneVentures dan Uniseed juga ikut berpartisipasi pada pendanaan terbaru ini. Dana segar akan dipakai untuk pengembangan pasar di Amerika dan meningkatkan layanan dengan fokus ke bidang ilmu pengetahuan sains, kedokteran, dan teknik.

(Images: top right, Smart Sparrow logo with text; middle left, Smart Sparrow analytics dashboard via Facebook; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s