Google Play Games: mendukung pengembang game untuk cross-platform, yang dijalankan dengan Android dan iOS

Google-Play-Game-ServicesSalah satu strategi Microsoft ketika meluncurkan Windows Phone platform untuk ponsel pintar adalah memberikan akses Xbox Live kepada pemain-pemain game yang menggunakan beberapa gadget (termasuk handset, tablet, game console dan desktop). Sementara Microsoft sedang sibuk menambah pengguna Xbox Live, minggu ini Google mengumumkan di Game Developers Conference yang berlangsung di kota San Francisco bahwa raksasa mesin pencari akan segera mendukung pengembang game untuk cross-platform, yang dijalankan dengan Android dan iOS. Teknologi cross-platform memungkinkan pemain game yang menggunakan perangkat Android dan iOS untuk bermain melawan satu sama lainnya.

Keuntungan bagi pengembang game, mereka tidak perlu ragu-ragu memilih platform Android atau iOS untuk membangun game baru. Mereka sekarang bisa memilih dua macam platform, karena Google sudah menyediakan teknologi canggih untuk mendukung cross-platform.

Google ingin membantu pengembang game menjangkau pemain lebih banyak di ekosistem Android, iOS dan web. Google segera menyediakan SDK (software development kit) supaya pengembang dapat membangun fitur untuk permainan cross-platform yang mudah disinkronisasikan, termasuk prestasi pemain, pemimpin permainan, daftar pemain, dan memberi kemudahan menyimpan game ke cloud.

Google Play Games juga menambah layanan hadiah dalam bentuk elektronik bagi pemain game. Layanan baru tsb. akan memudahkan pemain mengirim gambar dan imbalan kepada pemain lainnya di dalam suatu kelompok pemain. Untuk menambah pemain baru ke dalam suatu kelompok, Google menambahkan fitur supaya pemain dapan mengundang beberapa pemain sekaligus.

Google Play Games juga menambahkan alat statistik, supaya pengembang game dapat mempelajari lalulintas dan aktivitas pengguna. Pengembang game akan lebih mudah melacak data pemain yang mendaftarkan diri, termasuk jumlah pengguna setiap hari, jumlah waktu bermain game, analisis retensi, dan pemimpin permainan.

Untuk merangsang pengembang menciptakan game bermutu, Google Play Games memperkenalkan platform AdMob supaya dapat memasang iklan di game. Hal ini akan membantu pengembang game memetik hasil dari jerih payah mereka. Pengembang game menggunakan hasil analisis dari data lalulintas, profil, dan mengoptimalkan iklan di halaman permainan, supaya meningkatkan penghasilan atau menyodorkan barang-barang promosi supaya pemain segera berbelanja selama permainan sedang berlangsung.

GDC-Game-Developers-Conference-2014

(Images: top right, Google Play Games Services logo; bottom, Game Developers Conference in San Francisco, March 17-21, 2014)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s