Kampanye untuk membantu pendanaan pengungsi dan migran, Google berhasil mengumpulkan $11 juta USD setelah tiga hari

Sejak hari Selasa, September 15, 2015, Google mengundang semua pengguna mesin pencari untuk berpartisipasi dalam sebuah kampanye kemanusiaan membantu pendanaan pengungsi dan migran. Hanya dalam waktu tiga hari, raksasa Silicon Valley berhasil mengumpulkan dana lebih dari $11 juta USD.

Selama kampanye, Google menantang untuk melipat-gandakan satu dollar untuk setiap satu dollar yang disumbangkan oleh pengguna mesin pencari, dengan batas maksimal $5,5 juta USD. Tidak heran, hanya dalam waktu cepat, semua donasi dikumpulkan sudah melampaui sasaran awal.

Uang sebanyak itu akan dibagikan secara merata untuk empat organisasi nirlaba, yaitu Doctors Without Borders, International Rescue Committee, Save the Children, dan UN High Commissioner for Refugees. Organisasi-organisasi ini akan bekerja di lapangan untuk membantu pengungsi dan migran, termasuk membangun tempat pengungsian, menyediakan makanan, dan mengurus surat-surat tinggal di negara baru.

Google-togetherKampanye Google bertujuan membantu orang-orang yang sedang melarikan diri dari perang saudara di Timur Tengah (Suriah) dan Afrika Utara (Libya). Jutaan orang meninggalkan kampung halaman mereka dan membanjiri negara-negara di Eropa.

Salah satu pengelola kampanye ini adalah Rita Masoud, seorang karyawan bagian pemasaran produk yang bekerja di markas Google di Silicon Valley, California. Dulunya, dia bekas pengungsi dari Kabul, Afghanistan. Keluarganya melarikan diri ke Eropa ketika dia berumur tujuh tahun dan kemudian menerima suaka politik di negeri Belanda.

Kahadiran Rita Masoud sangat memotivasi para donor untuk ikut-serta pada kampanye ini, dimana dia mengungkapkan seluk-beluk perjalanan melewati rasa lapar, dahaga, dingin dan ketakutan. Dia merasa beruntung dapat menimba ilmu di negara yang aman dan kemudian berhasil bekerja di perusahaan terbaik di dunia.

(Image: middle, Google Refugee Relief via Google+)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dan mengajak pengguna Internet untuk memberi bantuan. Perusahaan raksasa seperti Apple, Facebook, Google, dan lainnya, menyumbang puluhan juta dollar untuk mendanai ratusan ribu imigran yang terdampar di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s