Google menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi gratis bagi 10 juta penumpang kereta api di India setiap hari

India-PM-Narendra-Modi-Sundar-Pichai-CEO-Google-GoogleplexKetika Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan ke kantor pusat Google di kawasan inovasi high-tech Silicon Valley, CEO Sundar Pichai mengumumkan bahwa perusahaannya akan menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi secara gratis di 400 stasiun kereta di seluruh India. Tahap awal akan dimulai di 100 stasiun kereta api yang akan dilewati oleh lebih dari 10 juta penumpang setiap hari. Proyek awal memasang peralatan Wi-Fi berkecepatan tinggi diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2016.

Google CEO Pichai yang berasal India percaya bahwa keberadaan peralatan Wi-Fi canggih di stasiun kereta api akan memudahkan setiap warga, wisatawan, pekerja kantor, mahasiswa, untuk melakukan akses ke Internet. Google CEO mencatat bahwa sudah ada sekitar 300 juta orang di India yang bisa akses web hari ini, dimana 100 juta orang baru mendapatkan akses untuk pertama kalinya tahun 2014 lalu.

Google akan bermitra dengan perusahaan kereta api terbesar di dunia Indian Railways. Sedangkan untuk penyedia akses Internet, Google akan bekerja sama dengan RailTel, sebuah perusahaan jaringan broadband yang sudah membangun kabel fiber lewat rel kereta api.

Perusahaan raksasa teknologi Google berusaha memperluas pasar dengan cara memikat hati pengguna yang berbasis di India, sambil berharap generasi baru akan memakai system operasi Android dan sekaligus memakai mesin pencari. Tidak heran Google CEO Pichai berambisi untuk meraup pasar satu miliar orang di India yang belum memiliki akses ke Internet, yang merupakan pasar nomor dua terbesar di dunia setelah negara Tiongkok.

Google-India-railways-Wifi(Images: top right, Google CEO Sundar Pichai and India PM Narendra Modi at Googleplex; bottom, 100 railway stations in India)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s