Advertisements

TutorGroup: platform pendidikan online untuk menyediakan konten pembelajaran bahasa Inggris terbesar di dunia

TutorGroup-logoSeiring dengan kemajuan inovasi teknologi koneksi Internet berkecepatan tinggi dengan harga lebih terjangkau di negara-negara Asia, maka pendidikan online semakin booming di negara China dan di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Dengan tersedianya teknologi broadband, maka makin banyak siswa di Asia membutuhkan cara yang lebih mudah untuk berhubungan dengan guru secara online.

Ketika didirikan pada tahun 2004, TutorGroup hanya berfokus untuk menyediakan les bahasa Inggris untuk siswa di China (situs VIPABC.com) dan Taiwan (situs TutorABC.com). Sekarang sudah mengembangkan bisnis dengan menawarkan belajar bahasa China Mandarin secara online (situs TutorMing.com) untuk siswa di Amerika Utara dan Amerika Latin.

Walaupun ide mendirikan perusahaan di bidang pembelajaran bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang baru, akan tetapi TutorGroup mempunyai kelebihan karena menyediakan les bahasa dengan pembimbing bersifat satu-ke-satu. Hal ini didukung oleh satu tim guru yang berpengalaman. Saat ini TutorGroup sudah berhasil menjalin kemitraan dengan 2.000 guru di 30 negara, dan mencakup sekitar 60 kota di seluruh dunia. Hampir semua guru bahasa Inggris sudah bersertifikat TESOL.

Semua kelas belajar bahasa diselenggarakan secara online dan mendukung perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) yang dijalankan dengan iOS dan Android. Biaya per kelas rata-rata sekitar $25. Untuk membantu meringankan biaya kuliah, TutorGroup juga meluncurkan beasiswa bagi siswa untuk belajar bahasa China.

TutorGroup memiliki pusat penelitian di Silicon Valley, California. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $100 juta dollar yang didukung oleh kelompok investor Alibaba Group, Temasek (berbasis di Singapura) dan Qiming Venture Partners. Dana segar akan dipakai untuk mengembangkan pasar di Asia dan Amerika. Supaya lebih mudah meraup pasar di kedua benua tsb, baru-baru ini TutorGroup meneken kontrak dengan pemain basketball terkemuka Yao Ming untuk mempromosikan produk dan layanan.

TutorGroup-homepage

(Images: top right, TutorGroup logo; bottom, TutorGroup homepage screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] ventura yang mengalir ke sektor pendidikan online, seperti yang terjadi pada perusahaan startup TutorGroup, Curious, creativeLIVE, Coursera, dan lain sebagainya. Minggu ini giliran General Assembly menerima […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s