Advertisements

Quip: membuat dan mengedit dokumen, sekaligus sebagai alat chatting dengan rekan kerja, supaya memudahkan kolaborasi

Quip-iPad-DesktopPerangkat lunak dan aplikasi untuk produktivitas yang diciptakan oleh Microsoft seperti, Word dan Excel, sudah lama dikenal oleh pengguna di seluruh dunia. Tidak heran, beberapa tahun lalu mesin pencari raksasa juga mengeluarkan perangkat lunak yang sama atau dikenal sebagai Google Docs.

Quip merupakan aplikasi yang mirip dengan Google Docs. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen. Keistimewaannya, aplikasi ini dilengkapi dengan alat chatting, supaya pemilik dokumen dapat bertukar fikiran dengan rekan kerja. Hal ini memudahkan beberapa pihak melakukan kolaborasi terhadap sebuah dokumen atau spreadsheet.

Quip-iPhoneKeunggulan Quip termasuk memudahkan pengguna membuat atau mengedit dokumen dari beberapa jenis perangkat, termasuk laptop dan perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet). Demikian pula, pengguna bisa bekerja bersama-sama ketika mesin tersambung ke jaringan Internet ataupun sedang offline.

Quip mengurangi kebiasaan pengguna mengirim dokumen yang biasanya dilampirkan lewat email. Daya saing Quip terletak pada fitur komunikasi yang memudahkan beberapa orang melakukan kolaborasi terhadap satu proyek. Semua orang yang terlibat dalam satu tim kerja, bisa berbicara langsung lewat chat dan secara instan, antara satu dengan lainnya.

Quip didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $30 juta dollar yang didukung oleh dua investor terkemuka di Silicon Valley, Greylock Partners dan Benchmark Capital. Sebelumnya pada bulan Juli 2013 sudah menerima pendanaan putaran pertama sejumlah $15 juta dollar. Total modal kerja sejak didirikan sudah mencapai $45 juta dollar.

(Images: top right, Quip app for iPad; middle left, Quip app for iPhone)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s