Advertisements

Socratic: platform terbuka bagi guru dan siswa untuk berbagi konten video pendidikan, menciptakan komunitas belajar

socratic-org-logoDengan tersedianya akses Internet dimana-mana, hampir semua siswa mengandalkan inovasi teknologi untuk menemukan dan berbagi informasi, apalagi ketika mereka memerlukan bantuan untuk mengerjakan tugas pekerjaan rumah setelah berada di luar kelas. Demikian pula para guru juga memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menambah informasi ketika ingin menjelaskan mata pelajaran dan menginspirasi siswa supaya tertarik untuk menerima ilmu lebih dalam. Karena begitu luasnya informasi yang tersedia di Internet, kadangkala guru dan siswa menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar komputer untuk mencari mata pelajaran yang tepat. Socratic ingin menyederhanakan hidup di tengah kesibukan yang dialami oleh pengguna Internet dan ingin pengguna lebih berfokus mencapai tujuan yang dikehendaki.

Socratic merupakan platform untuk membangun sebuah komunitas yang terdiri atas guru dan siswa dari kelas TK sampai universitas. Komunitas terbuka yang mencakup berbagai topik pelajaran dipakai sebagai sumber belajar dan sumber mengajar. Hampir mirip dengan cara kerja seperti Wikipedia yang bersifat terbuka, Socratic menyediakan sarana bagi semua guru dan siswa untuk ikut berpartisipasi dan sekaligus berkontribusi mengisi konten.

Sebagai komunitas terbuka, guru dapat berbagi konten video pendidikan yang mudah dicari siswa berdasarkan mata pelajaran seperti fisika, kimia, biologi, dan lain sebagainya. Demikian pula Socratic menyediakan fitur supaya pengguna dapat meng-upload dan menyarankan konten video yang cocok untuk suatu mata pelajaran. Apabila banyak yang suka terhadap suatu video dan kemudian memilih video terbaik untuk suatu topik pelajaran, maka video tsb akan melonjak posisinya dalam daftar pilihan video yang terbaik.

Socratic yang saat ini masih memakai nama situs dengan ekstensi domain .org, sebelumnya juga dikenal dengan nama Vespr Inc dan berbasis di kota New York City. Minggu ini resmi menerima pendanaan awal sejumlah $1,5 juta dollar yang dipimpin oleh Spark Capital dan didukung oleh kelompok investor Betaworks dan investor papan atas Andreessen Horowitz. Dana segar baru akan dipakai untuk memperluas layanan dengan harapan membangun sebuah komunikasi berskala global dengan multi-bahasa.

socratic-org-world-map-homepage

(Images: top right, Socratic logo via Twitter; bottom, Socratic’s homepage showing world map)

Advertisements

Comments

  1. Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this site, and
    your views are pleasant in favor of new visitors.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s