Advertisements

A4AI: aliansi instansi pemerintah dan swasta, menyebarkan akses Internet dengan biaya terjangkau di dunia berkembang

a4ai-logo-homepageBeberapa perusahaan raksasa di sektor teknologi yang berbasis di Amerika termasuk Google, Cisco, Microsoft, Facebook, Yahoo, dan Intel, mengumumkan terbentuknya sebuah aliansi yang dinamakan “Alliance for Affordable Internet” atau disingkat A4AI. Tujuan aliansi ini yaitu untuk menyebarkan akses Internet dengan biaya yang terjangkau ke seluruh negara berkembang. Aliansi ini ingin menekan biaya yang dibayarkan oleh pengguna di dunia berkembang seminimal mungkin. Dengan bantuan A4AI, diperkirakan biaya akses Internet broadband tidak lebih dari 5 persen dari rata-rata pendapatan per bulan bagi pengguna yang berdomisili di negara berkembang, dibandingkan biaya hari ini masih sekitar 30 persen dari pendapatan per bulan.

A4AI berusaha menggandeng perusahaan perangkat lunak, komputer, jaringan broadband, ponsel, jaringan sosial, organisasi non-profit dan instansi pemerintah, dengan harapan para pemimpin di negara berkembang melakukan reformasi terhadap kebijakan dan peraturan, yang mana dapat menurunkan biaya akses yang sangat tinggi hari ini. Diperkirakan bantuan A4AI sudah akan menerobos sekitar 12 negara pada tahun 2015, yang mana mayoritas negara-negara tsb berada di benua Afrika. Dengan harga yang lebih murah, maka dua pertiga dari penduduk dunia dapat mengakses Internet dan terhubung satu dengan lainnya.

Diantara semua raksasa teknologi, kelihatannya Google yang paling berambisi untuk menyebarkan akses Internet ke seluruh dunia. Mesin pencari terbesar didunia dan juga pencipta sistem operasi Android untuk ponsel pintar sudah melakukan serangkaian uji-coba, terutama untuk mengatasi masalah infrastruktur yang sedang dihadapi oleh negara-negara berkembang. Menjelang akhir tahun 2012 Google menyediakan layanan “Free Zone” untuk sebagian pengguna di Asia dan Afrika, supaya pengguna dapat mengakses Gmail akun dan layanan Google+ lainnya dengan tanpa membayar biaya pulsa ke operator seluler setempat. Bulan Mei 2013 Google secara diam-diam melakukan uji coba dengan membangun jaringan nirkabel yang mengandalkan inovasi teknologi terbaru (seperti, alokasi spectrum dengan bantuan balon udara) supaya pengguna dapat menerima akses Internet di luar kota besar dan daerah yang terpencil. Uji-coba ini sudah dilakukan di beberapa negara Afrika.

(Image: top right, A4AI logo via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s