Advertisements

DoorDash: menawarkan pengiriman makanan dari restoran favorit dengan cara yang efisien, terjangkau, dan nyaman

DoorDash-logoBisnis pengiriman barang dan makanan semakin ramai dan kompetitif di kawasan industry high-tech Silicon Valley, terutama di kota San Francisco dan sekitarnya. Jasa pengiriman secara on-demand untuk jangka waktu hanya dalam hitungan satu jam atau pada hari yang sama, sudah mulai disediakan oleh beberapa startup di kota besar di Amerika, seperti Postmates, Munchery, Shutl, Deliv, dan lainnya.

Selain makanan, pengiriman barang belanja di dunia e-commerce sedang berkembang pesat. Banyak pembeli online ingin segera mendapatkan barang belanja secara nyaman tanpa harus menunggu barang datang setelah beberapa hari dipesan. Sebagian besar bisnis model pengiriman barang dan makanan yang dilakukan oleh startup jaman sekarang, mencontoh cara kerja pengiriman makanan dari restoran pizza dan burger. Pelanggan memesan makanan fast-food lewat telepon, kemudian selang waktu hanya satu jam, pesanan sudah diantar ke depan rumah oleh pengantar yang menumpang sepeda pancal, sepeda motor, atau mobil.

DoorDash menyediakan layanan pengiriman makanan dari restoran favorit ke pemukiman dan perkantoran kota. DoorDash membantu pemilik usaha kecil untuk menawarkan pengiriman dengan biaya terjangkau dan nyaman.

DoorDash mengandalkan inovasi sistem pengiriman yang efisien dan mengontrol seluruh pengalaman pengiriman. Para ahli komputer menciptakan suatu system logistik yang memperhitungkan beberapa variabel yang berbeda melalui kerja sama dengan pedagang, mengelola persediaan jumlah pengemudi mobil pada jam tertentu, dan menghitung jumlah pesanan.

DoorDash merancang system logistic untuk menghitung waktu persiapan pesanan dari restoran, dimana ini memungkinkan pengantar yang menyetir mobil tidak muncul sebelum makanan selesai diolah dan dibungkus rapi. Demikian pula mengirim peringatan kepada pengemudi mobil untuk segera datang mengambil pesanan tepat waktu, ketika makanan masih dalam kondisi hangat.

Tim ahli DoorDash memanfaatkan teknologi GPS dan memperhitungkan variable keadaan lalu-lintas kota, untuk merancang jalur lalu-lintas pintar berdasarkan peta kota. Hal ini membantu pengemudi menemukan rute tercepat dan termudah, dari satu titik ke titik lainnya, dari restoran ke rumah pelanggan.

DoorDash didirikan pada bulan Januari 2013 dan berbasis di kota Palo Alto, California. Pendiri startup ini adalah empat kawan kuliah di Stanford yang sudah pernah menimba pengalaman di berbagai perusahaan, termasuk perusahaan raksasa Facebook dan eBay. Minggu ini DoorDash mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $17,3 juta dollar yang dipimpin oleh investor kawakan di Silicon Valley yaitu Sequoia Capital. Pendukung modal awal juga ikut berpartisipasi, termasuk Khosla Ventures, Charles River Ventures, Pejman Mar Ventures, dan Ted Zagat. Modal baru akan dipakai untuk mengembangkan teknologi pengiriman barang belanja di dunia e-commerce.

doordash-homepage

(Images: top right, DoorDash logo; bottom, DoorDash homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] menit sampai 1 jam). Contoh-contoh startup termasuk, Good Eggs, UberRUSH, Boxed, Shutl, Gone, Shyp, DoorDash, Postmates, Munchery, Deliv, dan lain […]

  2. […] perlu membayar gaji koki. Dibandingkan dengan perusahaan pengantar lainnya (seperti, Postmates, DoorDash), Lish tidak mengantar makanan dari restoran, tetapi dari dapur koki ke rumah atau kantor […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s