Advertisements

Pabrik komputer HP mendorong penjualan PC dengan mempromosikan perangkat yang dijalankan Windows 7 (bukan Windows 8)

Strategi terbaru untuk menjual perangkat komputer yang dijalankan dengan Windows 7 dari pabrik komputer Hewlett-Packard (HP) boleh dibilang suatu kemunduran dan sudah pasti akan membuat pencipta sistem operasi Windows merasa jengkel. Akan tetapi raja perangkat lunak Microsoft tidak bisa menyalahkan tindakan HP karena sebagian besar pengguna yang sudah terlanjur membeli perangkat komputer laptop dan desktop yang dijalankan dengan Windows 8, akan segera menyesali investasi uang ribuan dollar mereka.

Walaupun sistem operasi Windows 8 jauh lebih cepat dengan gambar ikon persegi empat berwarna-warni di layar utama, sayangnya perubahan radikal di Windows 8 mengharuskan pengguna untuk belajar dari nol dan menyesuaikan diri dengan sistem operasi terbaru ini. Cara kerja Windows 8 tidak mirip dengan sistem operasi pendahulunya, seperti dihapusnya fungsi “Start” di layar. Hal ini mengakibatkan pengguna mengalami kesulitan memahami semua fitur dan fungsi mesin. Akibatnya sangat fatal, banyak pembeli mengembalikan mesin yang dijalankan dengan Windows 8 dan menukar mesin baru yang dijalankan dengan Windows 7.

Sistem operasi Windows 8 diluncurkan pada bulan Oktober 2012 dan diperbarui dengan Windows 8.1 pada bulan Oktober 2013. Saat ini Windows 8 sudah meraup pangsa pasar sekitar 10 persen. Menyongsong musim belanja terbesar akhir tahun 2013, hampir semua mesin komputer terbaru sudah dipasangi dengan sistem operasi Windows 8.1. Akan tetapi penjualan dan pengiriman PC merosot tajam pada pada kuartal keempat 2013. Diluncurkan pada bulan Oktober 2009, Windows 7 merupakan sistem operasi yang sangat handal, sangat populer, dan sudah mengambil pangsa pasar sekitar 50 persen dari seluruh PC yang beredar di seluruh dunia.

Minggu ini pabrik komputer HP meluncurkan serangkaian promosi dengan slogan berbunyi seperti “back by popular demand” (“kembali tersedia karena banyak permintaan dari khalayak ramai”). HP juga memberikan harga diskon $150 untuk setiap komputer PC yang dijalankan dengan Windows 7. Walaupun di halaman situs web bagian produk HP menampilkan desktop dan laptop yang dijalankan dengan Windows 7, akan tetapi pabrik komputer terbesar di Amerika ini masih menawarkan mesin yang dijalankan dengan Windows 8, terutama untuk perangkat tablet dan laptop.

HP-Windows-7-promo

(Image: bottom, HP Windows 7 promotion page, January 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s