Advertisements

DNAnexus membangun pusat penyimpanan data genetik secara online, supaya para ilmuwan dapat berbagi data DNA

dnanexus-small-logoSetiap manusia memiliki satu set data genetik (DNA) yang sangat luas dan rumit. Pengobatan terhadap penyakit yang bersifat perorangan lebih memungkinkan hari ini karena kemajuan inovasi teknologi di dunia kedokteran dan berkembang pesat penelitian data genetik. Berdasarkan karakteristik unik untuk setiap pasien, dokter dapat menulis resep pengobatan khusus penyakit yang diidap oleh setiap individu.

DNAnexus membangun sebuah platform berbasis cloud untuk menampung, mengelola dan menganalisis data besar yang berhubungan dengan data DNA. Hal ini dilakukan supaya membantu para ilmuwan lebih memahami, berkolaborasi dan kemudian berbagi data DNA dengan dokter, lembaga penelitian, rumah sakit, ahli statistik, laboratorium, dan pakar biologi, di seluruh dunia.

Keunggulan DNAnexus terletak pada platform yang memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh undang-undang asuransi kesehatan (HIPAA) dan peraturan Internasional. Pusat penyimpanan data genetik yang disediakan oleh DNAnexus termasuk fasilitas genetik, pusat tes diagnostik, dan tempat penelitian.

Dengan menerapkan teknologi komputer dan bioinformatika canggih berupa teknik komputasional untuk menampung dan mengelola data, maka DNAnexus menyediakan sebuah center di mana peneliti dapat menganalisis sejumlah data besar yang berhubungan dengan DNA. Keunggulan DNAnexus terletak pada satu tim kerja yang terdiri atas ahli perangkat lunak, biologi komputasi, dan genetika yang membangun sebuah ekosistem untuk penelitian ilmiah untuk pengobatan secara pribadi.

Dalam upaya berkolaboratif dengan berbagai institusi di seluruh dunia yang membutuhkan informasi, maka pada saat yang sama juga akan memproduksi data dalam jumlah besar. Para investorpun merlihat peluang perkembangan dunia medis yang ingin memanfaatkan data ukuran besar. Tidak heran minggu pertama Tahun Baru 2014 ini, DNAnexus mengumumkan penerimaan modal kerja putaran ketiga (Seri C) sejumlah $15 juta dollar yang diberikan oleh kelompok investor yang terdiri atas Claremont Creek Ventures, Google Ventures, TPG Biotech, dan First Round Capital. Sejak didirikan pada tahun 2009 di kota Mountain View dekat markas raksasa mesin pencari Google, startup ini sudah menerima dana sekitar $32 juta dollar.

dnanexus-homepage

(Images: top right, DNAnexus logo; bottom, DNAnexus homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s