Advertisements

Bluesmart: koper yang terhubung dengan aplikasi ponsel dan dilengkapi alat pelacak GPS, ekstra baterai dan timbangan

Bluesmart-carry-on-suitcaseHampir semua orang yang melakukan perjalanan ke luar kota dengan pesawat terbang akan membawa minimal sebuah koper kecil berisi pakaian sehari-hari, perlengkapan kamar mandi, obat-obatan, surat perjalanan, perangkat komputer laptop dan tablet. Karena keamanan bandara sangat berbeda di setiap kota maupun di negara lain, atau kadang hanya karena kelalaian, maka kemungkinan besar orang-orang yang sering bepergian mengalami kejadian tidak menyenangkan akibat kehilangan bagasi.

Bluesmart menciptakan koper kecil modern yang memanfaatkan kemajuan inovasi teknologi ponsel pintar, yang didukung oleh aplikasi dan alat pelacak GPS. Dengan teknologi Bluetooth, koper selalu terhubung melalui aplikasi dan dapat di kontrol melalui ponsel pintar. Aplikasi dan alat pelacak yang ditanam di dalam tubuh koper juga berfungsi untuk mencatat dan menyimpan informasi selama perjalanan, dari awal perjalanan sampai akhir perjalanan.

Keunikan koper ini dilengkapi ekstra baterai yang dapat di colok dengan kabel USB ke perangkat mobile untuk menambah daya. Kekuatan daya baterai mencapai enam kali pengisian. Di samping itu, koper canggih ini dilengkapi alat timbangan digital supaya penumpang pesawat bisa mengetahui batas berat bawaan tangan untuk perjalanan internasional. Alat untuk mengunci koper memakai kunci standar yang sudah disetujui oleh lembaga pengatur keamanan penerbangan milik pemerintah Amerika (TSA).

Keistimewaan lainnya, koper ini menyediakan sebuah slot di bagian depan untuk menyimpan komputer tablet dan laptop, supaya perangkat tidak mudah rusak karena benturan dan gesekan.

Bluesmart sudah melakukan kampanye pengumpulan dana dari khalayak ramai dengan menggunakan jasa IndieGoGo sejak awal bulan Desember 2014. Tujuan awal dari kelompok pendiri perusahaan hanya ingin mengumpulkan dana sejumlah $50 ribu dollar. Hanya dalam waktu satu bulan lebih, pada pertengahan bulan Januari 2015 sudah berhasil mengumpulkan sekitar $2 juta dollar yang diberikan oleh lebih dari 9.700 sponsor.

Harga penawaran setiap koper sekitar $280, ditambah ongkos kirim $20 untuk pemesan yang berlokasi di Amerika. Bagi pemesan luar negeri akan dikenakan biaya pengiriman antara $70 sampai $100 per koper. Batas akhir untuk pemesanan online pada tanggal 31 Januari. Produk baru akan dikirim ke rumah pembeli pada bulan Agustus 2015.

Bluesmart didirikan pada tahun 2013 dan berbasis di kota Mountain View, yang letaknya tidak jauh dari markas mesin pencari Google. Startup ini didukung oleh kelompok inkubator terkemuka Y Combinator yang berbasis di Silicon Valley, California.

(Image: top right, Bluesmart carry-on via Indiegogo; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s