Advertisements

IdeaMarket: daftar ide-ide baru untuk mendirikan perusahaan startup, sekaligus menerima pendanaan dari khalayak umum

Idea-Market-launchingSebuah situs web baru yang dinamakan IdeaMarket, diluncurkan oleh Bill Gross yang dikenal sebagai pendiri ratusan perusahaan startup, seperti Overture Services, CitySearch, Picasa, Internet Brands, dan lainnya. Bill Gross merupakan pelopor perdagangan iklan online (pay-per-click atau PPC) yang diperkenalkan oleh perusahaan GoTo.com. Ide PPC dipakai oleh Google sejak awal tahun 2000-an untuk membangun mesin pencari terbesar di dunia. Sejak itu Google yang berbasis di Silicon Valley dan juga pencipta system operasi Android untuk ponsel pintar, berhasil meraup keuntungan ratusan miliar dollar.

Tujuan situs IdeaMarket untuk mengumpulkan ide-ide yang disumbangkan oleh para ahli pendiri startup, investor ventura, dan orang banyak. Kemudian setiap ide di pajang dengan nilai investasi awal, sambil menunggu khalayak umum untuk memilih yang terbagus dan layak diteruskan. Apabila ide terpilih, maka pencetus ide mendapat kepemilikan saham sekitar 5 persen di perusahaan startup.

Idea-Market-logoDi situs IdeaMarket, para investor dan pencari ide boleh memperebutkan hak untuk mengubah ide produk atau layanan jasa masa depan menjadi kenyataan, dengan mendirikan perusahaan sesungguhnya. IdeaMarket memberikan keputusan setelah meneliti proposal berdasarkan bukti kerja sebelumnya dan melihat daftar tim kerja yang mampu dan berkomitmen untuk meneruskan ide-ide tsb. Selanjutnya IdeaMarket menyarankan beberapa tenaga ahli yang cocok untuk sebuah tim kerja dan sekaligus menghubungkan startup dengan penyedia dana dari kalangan investor ventura maupun dana perorangan. Para investor diperkirakan akan mengambil saham perusahaan sekitar 20 persen.

Bisnis model IdeaMarket hampir mirip dengan Kickstarter (contohnya, Coolest cooler), dimana situs ini memberi kesempatan kepada khalayak umum untuk ikut berpartisipasi menyediakan dana dan mendirikan sebuah perusahaan startup. Kehadiran situs IdeaMarket merupakan terobosan baru untuk pencetus ide, pencari ide, dan pengusaha yang mampu meneruskan ide menjadi kenyataan, dalam bentuk produk atau layanan jasa masa depan.

Idea-Market-Challenges

(Images: top right, launching tweet via Twitter; middle left, IdeaMarket logo; bottom, samples of IdeaMarket Challenges)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s