Advertisements

Gild: solusi merekrut dan menemukan tenaga kerja berkualitas dan benar-benar terampil dengan menggunakan inovasi teknologi mengevaluasi kemampuan pengembang (programmer)

Gild-logo-newDepartment sumber daya manusia (SDM) di perusahaan teknologi seringkali menghadapi tantangan besar untuk menemukan pengembang (programmer) berkualitas dan yang benar-benar terampil. Setiap tahun perusahaan menghabiskan biaya besar untuk mencari tenaga kerja yang berbakat dengan cara tradisional, seperti melihat gelar lulusan universitas terkemuka di curriculum vitae (CV) dan dari hasil wawancara. Ibarat seperti bunyi kiasan “macan kertas,” banyak department SDM dan layanan perekrutan menghadapi kesalahan setelah mempekerjakan komputer programmer yang tidak berbakat tetapi memiliki gelar insinyur dari universitas top-5.

Keistimewaan Gild terletak di inovasi teknologi dengan hak paten dan menyediakan solusi perekrutan terpercaya dalam menyongsong paradigma baru. Salah satu produk yang dikenal dengan nama “Gild Source” dimana dengan mengandalkan teknologi ini, maka secara otomatis melakukan peninjauan ke berbagai tempat dimana para pengembang suka kumpul seperti GitHub, Bitbucket, dan StackOverflow. Gild akan mengevaluasi kemampuan programmer yang merancang coding untuk menemukan siapa berbakat dengan menggunakan algoritma buatan sendiri dan memberikan angka penilaian dari nol sampai seratus. Gild membantu menyeleksi setiap calon karyawan dengan melihat profil di jaringan sosial dan melihat kontribusi mereka di dunia teknologi secara jelas dan lengkap.

Solusi perekrutan Gild diluncurkan pada bulan Juni 2012 dan jumlah pelanggan terus mengalami pertumbuhan pesat. Produk Gild Source sudah digunakan oleh lebih dari 65 perusahaan besar dan startup di dunia teknologi. Untuk tidak melakukan kesalahan dengan hanya bertopang pada sistem tradisional dengan melihat curriculum vitae (CV), Gild sudah dipakai oleh department SDM di kawasan Silicon Valley untuk mencari “bakat terpendam” yang sangat memuaskan berbagai perusahaan startup, seperti Box, Red Hat, dan Square, maupun dipakai oleh perusahaan yang sudah go-publik seperti EMC, Rackspace dan Zynga.

Perusahaan yang berbasis di kota San Francisco ini juga mengumumkan bahwa beberapa investor sudah menyediakan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $8 juta dollar. Dana segar ini dijamin oleh pemodal ventura termasuk Baseline Ventures dan didukung oleh SAP Ventures dan Globespan Capital Partners. Baseline Ventures terkenal sebagai investor di Instagram (penyedia aplikasi foto yang sudah di akuisisi oleh Facebook pada bulan April 2012 seharga $1 miliar dollar) dan Heroku (perusahaan penyedia layanan cloud/awan yang di akuisisi oleh Salesforce.com akhir tahun 2010).

Gild-homepage
(Images: top, Gild logo; bottom, Gild homepage image via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s