Advertisements

Yekra: menjalin kemitraan dengan pemegang hak cipta, mendistribusikan konten digital (film) lewat afiliasi pemasaran

Yekra-logoUntuk mematuhi undang-undang perlindungan hak cipta, sebagian studio film di Hollywood masih belum menemukan solusi yang tepat untuk mendistribusikan konten digital (misalnya, film) kepada pemirsa secara online. Yekra ingin mencoba meringankan beban berat yang dihadapi studio film dengan meluncurkan layanan terbaru minggu ini. Tidak tanggung-tanggung, cara kerja startup ini sudah resmi direstui oleh para pemegang hak cipta di Hollywood.

Bertepatan dengan pengumuman penerimaan tambahan modal minggu ini, Yekra meluncurkan produk baru yang dinamakan AffiliateConnect. Jaringan afiliasi pemasaran ini membantu pembuat film, distributor, dan studio mendistribusikan konten digital kepada penonton, yang mana konten tsb. sering diakses melalui situs web, situs blog, situs jejaring sosial, dan situs lainnya. Dalam hal jenis perangkat, konten digital dapat dinikmati melalui web, ponsel pintar/smartphone, tablet, dan televisi.

Keunggulan AffiliateConnect termasuk pemegang hak cipta bisa memutuskan jumlah waktu berlakunya hak lisensi untuk sebuah film. Demikian pula, pemilik hak cipta bisa menentukan jalur distribusi untuk konten digital mereka, seperti di jual atau di sewakan melalui Netflix (penyewa DVD terbesar), Amazon Instant Video (penyedia konten dari raja e-commerce), dan Hulu Plus (penyedia konten TV terkemuka). Untuk memperkuat layanan di bawah satu atap, startup ini juga menyediakan layanan untuk membantu strategi pemasaran dalam hal mendistribusikan konten digital berdasarkan daya tarik film dan potensi segmen penonton.

Tattoo-Nation-movieUntuk menunjang pendapatan perusahaan, AffiliateConnect akan menayangkan berbagai macam film baru yang sangat memikat penonton. Contoh film terbaru berjudul Tattoo Nation yang isinya menelusuri kehidupan budaya memasang tattoo. Film ini dipasang ongkos sewa sebesar $6,99. Apabila penonton ingin memiliki hak cipta sepenuhnya dalam bentuk DVD, uang sewa yang sudah terbayar dapat dilimpahkan ke total pembayaran ketika penonton ingin menebusnya dengan harga $19,95.

Yekra didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di pusat industri perfilman terbesar di dunia yaitu kota Los Angeles. Startup ini didirikan oleh Lee Waterworth, Sonya Waterworth, Miles Romney dan Chris Larson. Boleh dibilang Yekra sudah memilih lokasi kantor pusat tepat sekali.   Juga tidak bisa diremehkan bahwa para pendiri perusahaan startup ini sudah menjalin suatu tim kerja yang memiliki segudang pengalaman di industri hiburan.

Pendanaan terbaru untuk putaran pertama (Seri A) sejumlah $3 juta dollar didukung oleh pengusaha dari Las Vegas, Maurice Gallagher dan kelompok investor dari Inggris Bray Capital. Pendanaan ini juga di bantu oleh beberapa investor yang bersifat pribadi termasuk Shay O’Brien dan Michael Rogers.

(Images: top right, Yekra logo via Facebook; middle left, Tattoo Nation movie distributed by Yekra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s